Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Edwin Martinez

  • + Prodi:  Ilmu Hubungan Internasional
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Pemuda kelahiran Dumai, 23 Maret 1995 ini akrab disapa dengan panggilan Edwin. Dia merupakan seorang mahasiswa S1 Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas tahun masuk 2012. Edwin merupakan anak kedua dari empat orang bersaudara dari pasangan Edi Gustaf dan Wirdayani. Mental untuk berkarya yang telah ditanamkan sejak kecil oleh kedua orang tuanya telah mengantarkannya menjadi seorang pribadi yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik. Di penghujung tahun 2015 ini pun bersama rekan-rekan setimnya, Muslimin dan Awani Yamora Masta, Edwin kembali menorehkan prestasi yaitu meraih juara 3 dalam lomba debat berbahasa Indonesia tingkat mahasiswa se-Indonesia dalam acara Indonesia Debate and Essay Competition (IDEC) yang diselenggarakan di Banda Aceh, kampus Universitas Syiah Kuala pada tanggal 14-18 Desember 2015.

Edwin memulai kiprahnya sebagai mahasiswa setelah lulus melalui jalur SNMPTN undangan jalur beasiswa bidikmisi dengan pilihan pertama Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Andalas. Bagi Edwin, kesempatan kuliah tidak hanya digunakan untuk menimba wawasan, namun juga untuk mengasah keterampilan dan menempa kepribadian. Oleh karena itu, sejak semester awal berkuliah, Edwin sudah aktif berorganisasi dimulai dari sebagai wakil ketua umum Asosiasi Mahasiswa Asrama Unand dan sejumlah aktivitas lainnya baik di dalam kampus maupun di luar kampus. (selengkapnya di kiprah mahasiswa Edwin Martinez tanggal 29 Oktober 2014. www.unand.ac.id). Saat ini sejak bulan Juni 2015, Edwin aktif berorganisasi di BEM FISIP Unand sebagai Menteri Kajian Strategis.

Meskipun harus membagi fokus, Edwin tidak serta merta mengabaikan tanggung jawab akademiknya. Hal ini terbukti dengan Indeks Prestasinya yang selalu berada pada rata-rata 3.5 ke atas di setiap semesternya. Inilah mengapa kedua orang tuanya senantiasa mendukung apapun pilihan dan kegiatan Edwin selama komunikasi dengan orang tua tetap terjaga.

Prestasi Edwin dalam setahun terakhir : Perwakilan Unand satu-satunya di tingkat Internasional dalam ASEAN University Youth Summit 2015 di Universiti Utara Malaysia (Januari 2015) : Juara 2 lomba debat berbahasa Indonesia tingkat mahasiswa se-provinsi Sumatera Barat oleh Balai Bahasa Sumbar tahun 2015 (bersama Muslimin dan Agung Imam Zulhatta) : Terbaik 2 Mawapres FISIP Unand 2015 : Juara 1 Essay Competition se-Kota Padang dalam acara EIF IV Foristek Unand 2015 : Juara 2 Essay Competition se-kota Padang dalam acara Rabbani Fair oleh UKM FKI Rabbani tahun 2015 : dan yang terbaru adalah Juara 3 dalam Lomba Debat berbahasa Indonesia tingkat mahasiswa se-Indonesia dalam acara Indonesia Debate and Essay Competition (IDEC) oleh BEM FISIP Unsyiah tahun 2015.

Meskipun sangat kompetitif dalam hal prestasi, dalam kesehariannya Edwin hanyalah seorang mahasiswa yang memiliki rutinitas tidak jauh berbeda dengan kebanyakan mahasiswa lainnya. Tidak ada jadwal tetap untuk belajar, ataupun kelas tambahan di luar jam perkuliahan. Bahkan adakalanya dalam sehari ia menghabiskan waktu 4 jam untuk menonton movie. Satu hal yang menjadi pegangan mahasiswa yang hobi bermain gitar ini adalah selalu melakukan segala aktivitas di kehidupannya dengan sepenuh hati. “Belajar harus sepenuh hati, beribadah pun sepenuh hati, begitu juga berorganisasi, menjalin hubungan, bermain maupun beristirahat. Semua ada penempatannya. Dengan selalu berasumsi bahwa hari ini adalah hari terakhir kita hidup di dunia ini, maka akan timbul semacam dorongan untuk melakukan semua hal yang kita anggap baik tanpa rasa takut ataupun malu,” papar Edwin.

Dengan motto: “Sekali berjanji, harus ditepati. Sekali bermimpi, pantang untuk berhenti.” Bagi Edwin, persoalan berjuang meraih prestasi bukan persoalan ambisi ataupun semata-mata obsesi pribadi, melainkan hal tersebut adalah sebagai bentuk kita mensyukuri nikmat Allah SWT dengan terus menggali potensi diri, dan juga berbagi bersama untuk saling menginspirasi.

Bersyukur dan ikhlas, yakin usaha sampai.

Humas dan Protokol Unand

Read 1638 times