Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Kerjasama Ilmu Komunikasi Bersama Humas Unand, Harapkan Perubahan Paradigma Mahasiswa

17 Desember 2016

Padang-(17/12) Branding merupakan hal yang penting dalam perjalanan suatu institusi, tak terkecuali sebuah universitas. Demi menjaga citra diri institusi, universitas sudah selayaknya melakukan branding terhadap dirinya. Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas sejak 10 November 2016 lalu telah bekerjasama dengan Humas  dan Protokol Universitas Andalas dalam melaksanakan branding Unand. Lewat kerjasama antara sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi, Yesi Puspita, S.sos bersama dengan Prof. Dr. Ir Asdi Agustar, M,Sc selaku WR II Unand dan Dafruddin S.Pt selaku Kasubag Humas dan Protokol Unand, mahasiswa Ilmu Komunikasi telah melaksanakan branding Universitas Andalas.

Program ini dilakukan sesuai dengan dua mata kuliah jurusan Ilmu Komunikasi yaitu Media Relation dan Manajemen Isu dan Krisis. Selain mencari isu dan permasalah di kampus hijau, dan mencari artikel terkait Universitas Andalas, Humas dan Protokol Unand juga berusaha untuk mengubah paradigma mahasiswa tentang kampus, bahwa keputusan pimpinan semata mata juga dibuat untuk  kepentingan mahasiswa. Menurut salah satu staff Kasubag Humas dan Prokoler Unand, Dunan, mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama ini, Humas dan Prokoler Unand sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam menjangkau seluruh kegiatan fakultas di Unand.

Dalam kesempatan lain, Kasubag Humas dan Protokoler Unand, Dafruddin S.Pt mengungkapkan bahwa untuk kedepannya perlu analisa dan perencanaan lebih matang lagi dalam program ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi yang telah melaksanakan branding terhadap Unand sangat membantu meskipun belum maksimal dalam distribusi penugasan. Meskipun masih terkendala dalam masalah peralatan, pembagian dan penjadwalan kerja, namun mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand telah memberikan inovasi menariknya seperti FGD dan penulisan artikel untuk Website Unand.

Dengan adanya program ini, Dafruddin bersama seluruh staf Humas dan Protokol Unand mengharapkan  sebagai pelaku PR, seluruh mahasiswa bersama sama membuat informasi yang mampu tersampaikan ke banyak orang, agar kedepannya Unand lebih di kenal masyarakat. Kegiatan branding Humas dan Protokol Unand sebagai garda terdepan dan ujung tombak dari Universitas Andalas, sangat menuai banyak manfaat dan berjalan cukup baik. Namun, kedepannya diharapkan adanya perencanaan dan konsep yang lebih matang agar program ini terus berjalan lancar, karena sejatinya tugas humas/public relation tidak hanya tertumpang kepada staf Humas dan Protokol Unand saja melainkan juga tanggungjawab seluruh sivitas akademika Unand.

Ia menambahkan kedepannya kerjasama ini juga dapat ditingkatkan dari segi kualitas dan tidak hanya dimata kuliah tertentu saja, melainkan disetiap kajian ilmu komunikasi sehingga membawa dampak positif bagi kemajuan Humas dan Protokol Unand disama yang akan datang.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 812 times