Perkembangan Wifi di Unand Semakin Membaik

21 Desember 2016

Padang (21/12), Penggunaan perangkat Wifi di Universitas Andalas sedang gencar-gencarnya diakses oleh mahasiswa dan mahasiswi Unand. Dengan hanya mengentrikan nomor BP dan password yang telah didaftarkan terlebih dahulu di kantor LPTIK, mahasiswa sudah bisa menggunakan wifi setelah menunggu lebih kurang 24 jam untuk diaktifkan. Perangkat wifi yang baru tiga bulan ini efektif diakses oleh seluruh mahasiswa Unand berpusat di gedung LPTIK dan Pustaka Pusat Unand.

Jaringan wifi yang dikelola oleh LPTIK pun telah tersebar dibeberapa gedung yang ada di lingkungan Unand. Sudah ada kurang lebih 8000 users yang mendaftarkan data masing-masing untuk diaktifkan wifi nya. Namun, ada beberapa keluhan yang dilontarkan oleh para mahasiswa terhadap jaringan wifi  itu sendiri. Menurut Rudi  Agustiadi salah satu staf Divisi Jaringan di LPTIK Unand “Perangkat wifi yang tersebar saat ini hanya memiliki kapasitas maksimal 40 users persatu perangkat yang tersambung, sehingga hal tersebutlah yang menyebabkan koneksi internet menjadi lambat”.

Kendala yang dihadapi oleh mahasiswa Unand seperti lupa password ketika log in, bisa langsung melaporkan kebagian jaringan LPTIK Unand di Gedung Perpustakaan lantai dasar. Satu user hanya bisa menyambungkan wifi ke satu gadget saja, jika ingin menyambungkan kepada perangkat lain,bisa log out terlebih dahulu dengan cara membuka link hotspot.unand.ac.id/logout, setelah itu dapat log in kembali.

Pihak LPTIK sudah melakukan upgrading untuk mengatasi beberapa keluhan yang dialami oleh para mahasiswa. Pihak LPTIK pun telah menambah beberapa perangkat dan akan di upgrade menjadi 250 users per satu perangkat yang memiliki bandwith 1gb. Sehingga satu user memiliki kecepatan internet 6-7mbps/second. Kemudian, pihak LPTIK berniat untuk memonitoring seluruh wifi yang sudah tersebar untuk mengetahui kerusakan agar bisa segera ditanggulangi. Upgrading pun akan dilakukan pada tahun 2017 mendatang.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 758 times