Live Streaming Rapat Terbuka Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Andalas ke 60 Tahun  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

FT Unand Jalin Kerjasama dengan STT Ibnu Sina Batam

14 Februari 2017

Padang-Fakultas Teknik (FT) Universitas Andalas menandatangani Nota Kesepahaman dengan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam pada Jumat (10/02) yang lalu di Ruang Sidang Dekanat Fakultas Teknik Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dekan FT Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, IPM, MEng., PhD mengatakan  penandatanganan kerjasama ini diharapkan adanya sinergisitas antara Fakultas Teknik Unand dengan STT Ibnu Sina Batam dalam rangka mewujubkan tri dharma perguruan tinggi.

Dia menyebutkan kerjasama yang akan dilakukan diantaranya peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM).

“Selain itu juga kerjasama pengabdian masyarakat, pelaksanaan pendidikan, pelaksanaan konferensi, publikasi jurnal baik nasional maupun internasional hingga joint research atau penilitian bersama,”ungkapnya.

Ia menambahkan saat ini Universitas Andalas masuk Kluster mandiri dalam bidang penelitian sedangkan untuk publikasi dosen yang terindeks Scopus Unand terus mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Lebih lanjut ia mengatakan Universitas Andalas terus berupaya mempersiapkan diri untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Sebagaimana diketahui, untuk bisa menjadi PTN BH adalah menjadi salah satu persyaratan bahwa perguruan tinggi yang dimaksud harus sudah mempunyai program studi yang telah terakreditasi internasional. 

“Dalam hal ini FT sebagai pioneer untuk bisa mendapatkan Akreditasi Internasional Bidang Keteknikan (ABET),”tambahnya.

ABET merupakan  lembaga akreditasi internasional yang bertanggung jawab untuk mengevaluasi dan mensertifikasi kualitas pendidikan di bidang ilmu terapan, komputasi, rekayasa dan teknologi.

Sementara itu ketua STT Ibnu Sina Batam, Ir. Larisang, MT memaparkan kerjasama ini dapat terealisasi dengan baik kedepannya dalam rangka peningkatan kemampuan para peneliti di perguruan tinggi baik dari segi mutu maupun jumlah publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah yang reputasinya internasional.

Ikut hadir dalam penandatanganan ini Wakil Dekan, Dosen, Kabag, Kasubag Fakultas Teknik Unand serta juga perwakilan dari STT Ibnu Sina Batam dan undangan lainnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 517 times