Mapala Unand Gelar Pelatihan Arung Jeram

16 Februari 2017

Padang-Sebanyak 43 orang anggota Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Andalas (Mapala Unand) mengikuti latihan arung jeram. Latihan berlangsung selama 3 hari yakni Senin-Rabu, 13-15 Februari 2017 ini dilaksanakan pada tiga lokasi yang berbeda.

Mereka mendapatkan bekal tiga hal, pertama, tentang arung jeram secara teori di Gedung PKM Kampus Limau Manih. Kedua peserta belajar cara mendayung serta cara menyelamatkan diri jika perahunya terbalik atau self rescue.

“Latihan ini dilaksanakan di danau buatan Universitas Andalas, Limau Manis”kata Ketua Mapala Unand, EE Sucipta. Dan Ketiga, peserta pelatihan akan mempraktekan ilmu yang diperolehnya secara langsung di Batang Kuranji. Aluran Batang Kuranji adalah salah satu lokasi yang sering dipakai Mapala Unand untuk latihan, karena memenuhi criteria untuk diarungi para pemula.

Para instruktur yang menjadi narasumber dala latihan ini adalah anggota Mapal Unand yang telah mempunyai sertifikasi “kapten”, yakni orang yang mampu memimpin sebuah perahu dalam setiap pengarungan.

Menurut EE Sucipta, Mapala Unand memiliki 14 anggota dengan sertifikat ”kapten”. Tapi istilah ini hanya berlaku untuk internal saja. Penetapan klasifikasi “kapten” didasari kemampuan anggota tersebut dalam setiap ekspedisi arung jeram yang dilakukan Mapala Unand.

“enam orang dari 14 orang tersebut, telah menimba ilmu arung jeram pada beberapa operator tur arung jeram di Indonesia, seperti di PT Arus Liar, Citarik, Sukabumi, Sobek di Bali dan Alas Adventure di Sungai Alas, Aceh” katanya. (HALUAN)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 147 times