Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Dosen FIB Unand - PT RajaGrafindo Persada Diskusi untuk Terbitkan 35 Buku

18 Mei 2017

Padang (FIB Unand) - Dalam rangkaian Lustrum ke-7 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Andalas, Ketua Lustrum, Yudhi Andoni, M.Hum. dan koordinator penerbitan buku, Dr. Reniwati, M.Hum. mengundang penerbit PT Raja Grafindo Persada untuk berdiskusi seputar penerbitan. Hal tersebut dikhususkan dalam penerbitan 35 naskah buku dosen.

 

Bertempat di ruang sidang fakultas, diskusi yang digelar pada Kamis (27/04/17) ini dihadiri oleh beberapa dosen FIB Unand yang akan menerbitkan buku. Hampir seluruh dosen yang hadir sudah pernah menerbitkan buku, baik melalui penerbit lokal maupun penerbit nasional. 

Pihak penerbit PT RajaGrafindo Persada memulai diskusi dengan menjelaskan sejarah penerbit yang saat ini berpusat di Jl. Leuwinanggung No. 112, Leuwinanggung, Tapos, Kota Depok. Lalu, penerbit PT Raja Grafindo menawarkan kerja sama penerbitan reguler dan copublishing.

Perbedaan dua kerja sama tersebut ialah biaya kerja sama reguler yang ditanggung oleh penerbit, sedangkan copublishing yang ditanggung oleh penulis itu sendiri. Sistem kerja sama reguler merupakan sistem yang dilakukan pihak penerbit dengan menyeleksi naskah yang masuk untuk dibiayai. Naskah yang diterima kemudian langsung diproses melalui beberapa tahap, di antaranya pihak penerbit menyiapkan surat perjanjian penerbitan, proses produksi, koreksi akhir oleh penulis, finishing, percetakan, penerbitan, dan promosi/pemasaran nasional oleh pihak  penerbit. Sementara itu, naskah yang ditolak akan dikembalikan ke penulis. Selain itu, sistem copublishing bisa terlaksana jika pihak penerbit dan penulis melakukan kesepakatan untuk biaya penerbitan dan pemasaran.

Penerbit PT RajaGrafindo Persada merupakan penerbit yang secara khusus menerbitkan buku teks ajar perguruan tinggi. Di antaranya terdapat buku-buku teori, ilmu hukum, sastra, dan filsafat. Penulis akan memperoleh royalti yang disampaikan secara berkala setelah satu tahun dipasarkan. Besarnya royalti antara 10--12,5%, tergantung pada kualitas naskah, reputasi penulis, dan potensi pasarnya.

Penerbit PT RajaGrafindo Persada juga melayani titip jual buku. Titip jual buku merupakan sistem yang dilakukan oleh pihak penulis untuk membiayai seluruh biaya produksi dan penerbit memasarkan. Pembagian hasil penujualan 60% untuk penerbit (distribusi dan promosi) dan 40% untuk penulis.

Terkait 35 naskah buku dosen FIB yang akan diterbitkan ini, dosen dapat memilih sistem yang ditawarkan oleh PT RajaGrafindo Persada. Yudhi Andoni, M.Hum. berharap dengan pertemuan dan diskusi dengan penerbit, para dosen yang akan menawarkan bukunya kepada pihak penerbit dapat mengerti prosedur dan tahapan yang akan dilalui.

Prof. Nadra dari Jurusan Sastra Indonesia misalnya, menanyakan perihal proses cetak ulang naskah yang telah diterbitkan sebelumnya dengan pihak lain. Baginya, naskah tersebut akan dicetak ulang, namun soft copy masih berada di pihak penerbit, sementara tidak ada tindakan lanjutan ketika penulis berusaha untuk menanyakan kembali. Sementara itu, naskah tersebut sangat dibutuhkan dan sudah habis dijual.

Bagi pihak PT RajaGrafindo, penerbitan naskah ulang bisa dilakukan asalkan ada serah terima berupa kesepakatan tertulis dari pihak penerbit sebelumnya untuk menyerahkan naskah kepada penulis. Dengan kesepakatan tertulis tersebut, penulis dapat mencetak ulang naskah tersebut di penerbit mana saja. ReadMore

Read 537 times