Hasil Kelulusan SMMPTN Barat  Klik tombol ini untuk melihat Informasi Lengkap
Toggle Bar

129 Judul PKM Ikuti Monev di Unand

17 Juli 2017

Padang (Unand) – Sebanyak 129 judul proposal dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang dari 12 Universitas di Sumatera Barat mengikuti pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (monev) pada Senin (17/7) di Universitas Andalas selama dua hari 17-18 Juli yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc mengatakan PKM merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk meningkatkan potensi mahasiswa dan mutu lulusan perguruan tinggi.

“Salah satu tujuan dari PKM adalah memberikan bekal bagi lulusan perguruan tinggi agar dapat memeliki empat keahlian khusus sebagai seorang intelektual yaitu Academic Knowledge, Skill of Thinking, Management Skill dan Communication Skill,”ujarnya.

Menurutnya melalui PKM mahasiswa diberikan peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim dan mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni.

Dikatakannya untuk Universitas Andalas sendiri mempunyai 109 judul proposal PKM yang didanai oleh Ditjen Belmawa Kemenristekdikti.

Ia menambahkan ini menjadikan Unand sebagai peringkat kesembilan terbaik nasional dalam dalam pendanaan proposal PKM.

Diharapkannya nantinya proposal-proposal dari Universitas Andalas pada khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya dapat dilombakan dalam pimnas nantinya yang akan diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia Makassar Sulawesi Selatan.   

Adapun universitas lain yang mengikuti kegitan monev ini adalah Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Baiturrahmah (Unbrah), Universitas Bung Hatta (UBH), Universitas Ekasakti (UNES), Politeknik Negeri Padang (PNP), Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, STIFARM Padang, Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh, STKIP PGRI Sumatera Barat, STIKES Mercubaktijaya Padang dan Institut Teknologi Padang (ITP).

Sementara itu Ir. Marleen Sunyoto, MP (Unpad) Reviewer atau penilai mengatakan pelaksanaan monev PKM merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Hibah penugasan PKM. 

Dalam hal ini, penerima hibah akan dimonitor dan di evaluasi sampai sejauh mana capaian yang telah dilakukan serta untuk mengetahui apakah kegiatan tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Monev PKM dilakukan oleh tim penilai yang telah ditetapkan oleh Ditjen Belmawa kemenristekdikti yang akan menevaluasi capaian kelompok PKM dan memastikan kegiatan tersebut dapat terselesaikan.

“Hasil dari monev ini akan menjadi salah satu dasar untuk memberi rekomendasi dan menetapkan kelompok PKM yang akan di undang mengikuti PIMNAS,”sambungnya.

Disebutkannya untuk pemonev sendiri terbagi dua yaitu eksternal dan internal, yang dari eksternal yakni Sondy Kuswaryan (Unpad), Ronald Penggabean (BPPT) dan dirinya sendiri sedangkan untuk internal yakni Prof. Khasrad, M. Agita Tjandra, Ph. D dan Dr. Aprisal.

Humas dan Protokol Unand

 

 

Read 376 times