Penerimaan Mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur  Klik tombol ini untuk selengkapnya
Toggle Bar

Faterna Unand Rayakan Hari Lahirnya Yang Ke 54 Tahun

11 Oktober 2017

Padang (Unand) – Fakultas Peternakan Universitas Andalas merayakan hari lahirnya (Dies Natalis) ke 54 tahun dalam rapat terbuka pada Rabu (11/10) yang berlangsung di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dekan Faterna Unand Prof. Dr. Ir. James Hellyward mengatakan 54 tahun lalu tepatnya tanggal 9 Oktober 1963 fakultas ini didirikan secara resmi yang saat itu fakultas ini masih berlokasi di kampus unand Air Tawar Padang.

Dijelaskannya fakultas ini didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya manasia yang unggul dalam bidang peternakan dan ikut serta dalam mencerdaskan masyarakat demi kedjajan bangsa.

Ia mengajak segenap civitas akademika untuk bersama-sama saling bahu membahu dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan Fakultas Peternakan.

“Dengan diberlakukannya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) daya saing alumni sangat menentukan dan menjadi indicator keberhasilan suatu institusi,”ujarnya.

Ditambahkannya ada peluang sekaligus tantangan besar yang cukup besar dengan perberlakuan MEA tersebut.

“Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain selain meningkatkan kompetesi, profesionalisme dan daya saing lulusan,”ungkapnya.

Kedepannya ia ingin mewujudkan faterna sebagai lembaga pendidikan tinggi peternakan yang unggul dan kompetitif dalam menghasilkan lulusan beraklak tinggi, mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidangnya.

Ada beberapa hal yang dilakukannya diantaranya peningkatan relevansi pendidikan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, peningkatan suasana akademik untuk mendorong kegiatan dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran dan kegiatan ilmiah.

“Meningkatkan efisiensi disegala bidang dengan tetap berpedoman pada mutu yang dihasilkan dan meningkatkan sarana prasarana pendidikan yang diperlukan bagi peningkatan mutu proses pendidikan serta meningkatkan kerjasama dengan berbagai institusi,”tambahnya.

Selain itu ia juga memberikan penghargaan kepada Dosen berprestasi, tenaga kependidikan berprestasi dan mahasiswa berprestasi.

Dalam peringatan dies ini mengusung tema peningkatan daya saing industri dalam peternakan dalam rangka mewujubkan kedaualatan pangan hewani.

Disamping itu juga penyampaian orasi ilmiah oleh Dr. Nurhayati, SPt, MM dengan judul meningkatkan daya saing industri perunggasan nasional melalui pengelolaan rantai pasok berkelanjutan.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dachriyanus, Apt mengucapkan selamat atas perayaan dies natalis faterna unand yang ke 54 tahun.

“Semoga faterna unand semakin maju dan berkembang serta lulusannya semakin berperan di tengah masyarakat tidak hanya menciptakan lapangan pekerjaan tetapi juga mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat,”harapnya.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 168 times