Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Fisip Unand Gelar Kuliah Umum Corporate Culture

14 November 2017

Padang (Unand) – Program Magister Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas menggelar kuliah umum tentang Corporate Culture bersama Dr. Bambang Rudito, MSi (Scholl and Business ITB) pada Selasa (14/11) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Wakil Dekan II FISIP Unand Dr. Indraddin, M.Si mengatakan Corporate Culture atau budaya perusahaan punya peran penting dalam menciptakan kelancaran operational dan produktifitas suatu perusahaan.

Ia berharap dengan adanya kuliah umum ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru terkait Corporate Culture bagi mahasiswa sekaligus membuka kuliah umum ini secara resmi yang dimoderatori oleh Johan Weintre, Ph. D dosen Antropologi Fisip Unand.

Menurutnya setiap perusahaan akan selalu berusaha meningkatkan produktivitas karyawannya agar dapat bertahan dan berkembang sehingga tercapainya tujuan dari perusahaan sesuai dengan yang diharapkan.

“Budaya perusahaan secara realistis mempengaruhi produktivitas kerja karyawannya,”tambahnya.

Sementara itu Bambang Rudito mengatakan untuk terus tumbuh dan bersaingnya sebuah perusahaan bakal memiliki budaya atau karakter masing-masing yang menjadi ciri khas dari perusahaan tersebut sekaligus membedakannya dengan perusahaan lain.

Dicontohkannya perusahaan jepang pasti akan punya cirri khas tersendiri dan berbeda dengan perusahaan-perusahaan Amerika bahkan proses perekrutannya pun juga akan bakal berbeda.

Dikatakannya kebudayaan merupakan sesuatu yang bersifat semiotik yaitu hal-hal yang berkaitan dengan symbol-simbol yang ada di masyarakat dan dikenali serta ditegakkan oleh masyarakat tersebut.

“Factor penting dalam unsur-unsur corporate culture diantaranya nilai, norma, karyawan, lingkungan, tindakan dan  keterkaitan anggota,”sebutnya.

Ditambahkannya nilai budaya dapat berbentuk disiplin, kreatif dan inovatif, ramah, professional serta masih banyak yang lain.

Hal yang tidak boleh tidak dalam corporate culture adalah etika yang merupakan satu set perilaku manusia yang beradaptasi dalam lingkungan budaya, lingkungan social atau lingkungan alam antar masyarakat.

“Sedangkan untuk norma bermakna religious yang disebut juga sebagai simbol konstitutif,”sambungnya.

Kuliah umum ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa S2 tetapi juga diikuti oleh mahasiswa S1 dan juga diluar jurusan Antropologi.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 157 times