Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

Wisata Budaya Mahasiswa Darmasiswa RI dan Mahasiswa Internasional Unand

12 Maret 2018

Padang (Unand) - Universitas Andalas merupakan salah satu Lembaga Perguruan Tinggi (LPT)  yang ditunjuk BPKLN  Kemendikbud sebagai penyelenggara Program Darmasiswa RI. Program Darmasiswa RI TA 2017/2018 di Universitas Andalas tidak hanya melaksanakan kegiatan akademik tetapi juga melaksanakan kegiatan non akademik. 

Salah satu kegiatan non akademik yang diselenggarakan adalah wisata budaya ke daerah. Kali ini wisata budaya diselenggarakan di Nagari Jawi-Jawi, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Wisata Budaya di Nagari Jawi-Jawi dilaksanakan atas kerjasama UPT Layanan Internasional dan Tourism Development Centre (TDC) Unand dengan Pemerintah Kabupaten Solok dan masyarakat Jawi-Jawi. 

Menurut Kepala UPT Layanan Internasional, Vonny Indah Mutiara, Ph.D, wisata budaya merupakan salah satu program UPT layanan Internasional untuk mengenalkan kehidupan masyarakat dan budaya Minang kepada mahasiswa internasional yang belajar di Unand. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa Darmasiswa RI TA 2017/2018 dan mahasiswa internasional Unand yang berasal dari beberapa negara seperti Ceko, Hungaria, Jepang, Vietnam, Mesir, Thailand, Kamboja, Madagaskar dan Filipina.

Wisata budaya ini diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 10 dan 11 Maret 2018. Selama dua hari, mahasiswa peserta wisata budaya mengikuti serangkaian kegiatan yang telah dirancang oleh TDC. 

Selama dua hari berbagai kegiatan diikuti oleh mahasiswa seperti pemasangan saruang dan tingkuluak, bararak jamba, makan bersama/ makan bajamba dan pergi ke sawah. mahasiswa diajak jalan pagi keliling kampung dan ke sawah. Di  sawah, mahasiswa ikut membajak dan  menanam padi bersama masyarakat setempat dan dilanjutkan sarapan pagi di sana. 

Setelah berlumpur-lumpur di sawah, peserta wisata budaya mandi ke sungai untuk membersihkan badan dan dilanjutkan makan di pinggir sungai. Setelah kegiatan di sungai mahasiswa peserta wisata budaya kembali ke rumah gadang untuk beristirahat dan makan siang bajamba. Mahasiswa Darmasiswa dan mahasiswa internasional lainnya merasa sangat senang mengikuti wisata budaya tersebut.

Kegiatan selanjutkan mengunjungi musium Jawi-jawi dan souvenir center. Disana mahasiswa dapat melihat dokumentasi kehidupan masyarakat nagari Jawi-jawi dan membeli souvenir unik khas Jawi-jawi.  

Kemudian kembali ke rumah gadang untuk bermain musik tradisional dan belajar tari Minang. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini hingga sore hari. Sebelum kembali ke Padang mahasiswa di ajak ke kebun teh di Alahan Panjang dan berfoto bersama di sana.

UPT Layanan Internasional Unand

 

Read 303 times