Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

FTI Unand Gelar Big Data #19 Meet Up

13 Maret 2018

Padang (Unand) – Pentingnya Big Data dalam membantu pengelolaan data di dunia pendidikan, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Andalas bekerja sama dengan Komunitas Big Data menggelar Big Data #19 Meet Up pada Selasa (13/3) di Gedung Perpustakaan Lantai 5 Kampus Universitas Andalas Padang.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA, mengatakan bahwa Big Data sangat penting dalam dunia pendidikan, terutama dalam penyimpanan, pengelolaan dan analisis data-data yang dapat dipergunakan di masa yang akan datang. 

Ia sangat mengapresiasi seminar yang diselenggarakan Fakultas Teknologi Informasi. Ia berharap seminar nasional ini dapat membantu Universitas Andalas dalam pengelolaan data. 

“Kita dituntut untuk menguasai teknologi informasi dan bisa mengikuti perkembangan teknologi hari ini,” tambahnya.

Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyana, M.T mengatakan bahwa tren penggunaan Big Data yang sedang naik daun hari ini menjadi perhatian bagi dunia pendidikan.

Ia mengatakan Big Data merupakan aset digital yang bertujuan sebagai alat bantu dalam menyempurnakan proses pengambilan keputusan. Dalam dunia pendidikan Big Data akan membantu para pendidik dalam memperoleh wawasan dalam perbaikan proses mengajar dan pembuatan kurikulum. 

“Big Data akan menjadi kajian utama bagi dua kurikulum jurusan yaitu  sistem Informasi dan Sistem Komputer. Semoga pemanfaatan Big Data bisa dilakukan secara komprehensif.” jelasnya.

Dalam MeetUp #19 ini menghadirkan 4 (empat) pembicara dengan beragam tema. Husnil Kamil, MT., salah seorang dosen Sistem Informasi FTI Unand, membawakan tema “Big Data dalam Dunia Pendidikan”. Beno K. Pradekso (CEO – Labs247) membicarakan tentang “Big Data dan Deep Learning”. 

Pembicara ketiga adalah Sigit Prasetyo (idBigData) dengan tema “Open Source Big Data Platform”. Pembicara terakhir adalah Bagus Rully Muttaqien (AIDI – Asosiasi Ilmuwan Data Indonesia) dengan tema “Big Data dan Media Sosial”.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen, peneliti dalam bidang Big Data dan puluhan mahasiswa Teknologi Informasi dari berbagai universitas.

Seminar Big Data #19 Meet Up ini adalah penyelenggaraan yang ke-18 yang sudah diadakan sejak tahun 2005.  

Humas dan Protokol Universitas Andalas 

 

Read 363 times