Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

Ilham Perdana AT mahasiswa Fisika UNAND Terpilih Jadi Finalis ON-MIPA 2018

12 April 2018

Padang (Fisika Unand) – Ilham Perdana AT  mahasiswa Prodi S1 Fisika Universitas Andalas (UNAND) terpilih sebagai finalis Lomba Olimpiade Nasional Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) Tingkat Nasional. Ilham menyisihkan lawan-lawannya dalam seleksi tingkat  wilayah (Tahap II) yang dilaksanakan pada 21-22 Maret 2018 di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. 

Universitas Andalas mengirimkan 7 mahasiswa Fisika untuk seleksi tingkat wilayah yaitu:  1. Ilham Perdana AT, 2. M. Siddiq Ilyas Lubis, 3. Wanda Feri Rezki, 4. Jijim Fadilla Warman, 5. Ahmad Ripai, 6. Aldo Novaznursyah Costrada,  dan  7. Khudbatul Fiqrian.  

“Senang. Termasuk mukjizat bisa lolos,” ujar Ilham,  pada saat berdiskusi dengan Ketua dan Sekretaris Jurusan Fisika untuk persiapan lomba di tingkat nasional. “Ini harus dikerjakan dengan baik, jadi lebih banyak lagi belajar deh,” tambahnya.

ON-MIPA adalah bagian dari usaha pemerintah dalam pemberdayaan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dasar dan Matematika yang tujuan akhirnya untuk mendorong daya saing bangsa.  Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) dengan bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi yang mulai dirintis pada tahun 2009.

Lomba dilakukan dalam tiga tahap yaitu Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masing-masing bidang, Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik, dan Tahap III di tingkat nasional yang menghasilkan 20 mahasiswa terbaik. 

Seleksi Tahap II dilaksanakan di 14 (empat belas) Kopertis wilayah/regional secara serentak. UNAND tergabung dalam Koperties Wilayah X yang terdiri dari Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau (Kepri), dan Jambi.  

Adapun penyelenggaraan ONMIPA-PT Tingkat Nasional tahun 2018 akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 4-7 Mei 2018.

Menyambut seleksi tahap-III, bidang kemahasiswaan Jurusan Fisika kembali akan melaksanakan kegiatan pembinaan.  Kegiatan pembinaan bekerjasama dengan kelompok pencinta Fisika yaitu AYO-TEAM Himpunan Mahasiswa Fisika  (HIMAFI). 

Tim ini dibina oleh Dr. rer.nat Muldarisnur (Fisika Statistik), Dr. techn. Marzuki (Termodinamika),  Arif Budiman, M.Si (Mekanika), Dr. Zulfi  (Elektromagnetik) dan Dr. Dian Fitryani (Fisika Kuantum).

Humas 

 

Read 204 times