Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

40 mahasiswa Unand Ikuti Student Mobility dan Summer Course

05 Jun 2018

Padang (Unand) – Universitas Andalas akan mengirimkan 40 mahasiswanya mengikuti program Student Mobility dan Summer Course di beberapa Universitas diluar negeri yang keberangkatannya dimulai dari bulan Juli hingga Agustus tahun ini.

Mahasiswa ini berasal dari berbagai program studi dan fakultas di lingkungan Universitas Andalas akan menjalani masa studi selama satu hingga tiga bulan di 14 universitas asing di luar negeri baik Asia maupun Eropa dan juga Australia. 

Dalam rangka mempersiapkan keberangkatan para mahasiswa tersebut diberikan program pembekalan oleh Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Internasional pada Selasa (5/6) di ruang rapat Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

Kepala UPT Layanan Internasional Universitas Andalas Vonny Indah Mutiara, Ph. D menyatakan pembekalan ini menjadi penting bagi mahasiswa agar tidak terjadi hal-hal yang dapat menganggu proses keberangkatan mulai dari persiapan, pelaksanaan dan setelah pelaksanaan kegiatan ini.

Dikatakannya program ini sudah berlangsung semenjak tahun 2014 dan telah memberangkat sebanyak 255 mahasiswa Universitas Andalas keberbagai Perguruan Tinggi di dunia.

Ia menuturkan universitas di Jepang menjadi universitas paling banyak diminati oleh mahasiswa Universitas Andalas dalam program Student Mobility dan juga Summer Course.

“Tahun kemarin ada sekitar 33 mahasiswa yang mengikuti Student Mobility dan 10 mahasiswa program Summer Course di beberapa perguruan tinggi Jepang,” ungkapnya. 

Disebutkannya untuk tahun ini perguruan tinggi tersebut diantarannya Osaka City University, Southern Cross University, Gifu University, Leiden University, Monash University, Matej Bel University, Bussan University Foreign Studies (BUFS), Kanazawa University, UPM Malaysia, Nicolous Univ Poland, Prince of Songkla, UM Malaysia, AIT Thailand dan Hankuk University Korsel.

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk mewujudkan percepatan internasionalisasi perguruan tinggi khususnya Universitas Andalas,” ujarnya. 

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan agar para mahasiswa dapat merasakan interaksi dan berhubungan langsung dengan mahasiswa asing dari berbagai negara dalam kurung waktu tertentu. 

Satu hal yang ditekankanya disaat berada diluar negeri atau di universitas tertentu agar dapat menjaga nama baik universitas dan bangsa Indonesia.

“Komunikasi dan mencari informasi yang detail menjadi hal penting selama dan sebelum keberangkatan,” sambungnya.

Dicontohkannya masalah makanan dan iklim menjadi problem rutin disaat berada diluar negeri untuk itu ketika mengalami problem dapat menghubunggi mahasiswa indonesia lain atau Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) atau dapat juga menghubungi Kedutaan.

Nantinya para mahasiswa setelah kegiatan ini berakhir dan kembali ke universitas diharapkan dapat memotivasi dan Sharing pengalaman kepada para mahasiswa lain agar mahasiswa lain juga berkeinginan untuk mengikuti program ini.

Sementara itu, Koordinator Bidang Program Berbasis IT UPT Layanan Internasional Budi Rahmadya, M. Eng menyampaikan ada hal yang harus dilakukan mahasiswa nantinya selama disana yaitu mendokumentasikan berbagai kegiatan baik dalam bentuk foto maupun video.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 610 times