Raudhatu Shofiah

  • + Prodi: Ilmu Tanah
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Raudhatu shofiah merupakan mahasiswa Program Pascasarjana Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Perempuan yang akrab disapa Fifi ini lahir di Tanjung Alam Kabupaten Tanah Datar 28 tahun yang silam, tepatnya pada tanggal 6 november 1988. Fifi yang saat ini mulai berkiprah sebagai seorang “soil scientist” pada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang lingkungan ini sangat menyukai berbagai kegiatan keorganisasian yang berorientasi non-profit. 

Peraih  penghargaan Bintang Aktifis Kampus pada wisuda I Universitas Andalas Tahun 2013 ini mulai jatuh cinta dengan dunia organisasi semenjak duduk di bangku SMA.  Hal tersebut terus berlanjut hingga bangku perkuliahan. Karir keorganisasian dikampus dimulai dari FORSTUDI (Forum Studi Dinamika Islam). Kemudian pada tahun 2009 ia ditunjuk sebagai Koordinator Human Resource Development di Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa Fakultas Pertanian (KMIP). 

Ditahun yang sama, ia juga dipercaya sebagai pengurus BEM Fakultas Pertanian Universitas Andalas dibidang Sumber Daya Mahasiswa (SDM). Tak hanya sampai disitu, setahun setelahnya ia kembali dipercaya sebagai Sekretaris Daerah di BEM Fakultas Pertanian. Di akhir masa studinya pada tahun 2011, ia bergabung dengan BEM KM Universitas Andalas sebagai Sekretaris Departemen PSDM.

Pemilik hobi travelling dan olah raga angkat beban ini juga melebarkan sayap keluar dunia kampus. Peraih Runner Up pada Lomba Debat Mahasiswa Tingkat Universitas Andalas tahun 2011 itu, pernah tergabung dalam Assosiasi Pelajar Islam Sumatera Barat (ASSALAM) tingkat regional kota Payakumbuh dan Sumatera Barat. 

Kecintaannya terhadap Almamater yang pernah membesarnya, ia juga ikut tergabung dalam pengurus Ikatan Abituren MAN 2 Payakumbuh ditahun 2007-2011. Hingga saat ini, ia masih ikut tergabung dalam organisasi sosial anak rantau dan daerah Pulangkampuang.com. Keinginannya untuk terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat sekitar mulai tampak sejak tahun 2009, disaat ia terpilih dalam nominasi PKM Pengabdian Masyarakat dengan judul “Pengadaan Jamban Umum untuk Masyarakat Koto Tuo Kec.Pauh Padang”. 

Disamping dunia ia juga tidak mengenyampingkan pendidikannya. Perempuan yang bercita-cita menjadi seorang scientist ini terus menekuni pendidikannya sehingga ia mendapatkan 2 penghargaan dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas pada Wisuda I tahun 2013, yaitu Aktifis Berprestasi Fakultas Pertanian dan Lulusan Terbaik Program Studi Ilmu Tanah. 

Ia telah memilih untuk melanjutkan kuliah Masternya di Universitas Andalas, namun hal tersebut tidak menutup matanya untuk mulai melirik dunia Internasional. Pada tahun 2014, ia mengikuti Program Transfer Student as Non-Graduating Student di Fakultas Pertanian University Putra Malaysia (UPM). Keseriusannya terhadap dunia akademik, kembali ia tunjukkan pada wisuda kali ini dengan terpilihnya ia sebagai Lulusan Terbaik Program S2 Fakultas Pertanian Universitas Andalas. 

Life is the matter of choice, peraih Juara I Lomba Kreasi Hijab Syar’i tingkat Universitas ini memandang kehidupan adalah masalah pilihan. Kita ingin menjadi seperti apa adalah bagian dari pilihan kehidupan kita sendiri. Thomas Szasz pernah menuliskan “People often say that this or that person has not yet found himself. But the self is not something that one finds. It is something one creates”.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 944 times
More in this category: « Zikra Delvira Jusbianto »