Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Jusbianto

  • + Prodi: Ilmu Peternakan
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Jusbianto yang akrab dipanggil Jusbi merupakan mahasiswa dari Fakultas Peternakan Universitas Andalas yang masuk pada tahun 2012. Dia putera keempat dari pasangan Sunardi dan Suyanti yang lahir pada tanggal 10 Januari 1994. Jusbi dan ketiga saudara yang lain dibesarkan di Desa Koto Hilalang Blok A sitiung II Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Oleh kedua Orang tuanya, Jusbi dan ketiga saudaranya di didik untuk menjadi sosok anak yang tangguh, cerdas, berkharakter. Hal ini yang melekat pada diri Jusbi sampai sekarang, sejak berpisah Ibu dengan ayahnya sejak tahun 1995 Ia di didik oleh Ibunya beserta ketiga orang saudaranya. 

Merupakan hal yang luar biasa, ternyata Ibu dari pemuda yang terkenal dengan keramahannya ini berprofesi sebagai seorang pedagang gorengan di Desanya. Diketahui bahwa Jusbi merupakan anak yang pertama dari ketiga saudaranya yang mampu menempuh pendidikan hingga Sarjana sekarang ini. Begitu Jusbi ceritakan bahwa Ibunya sendiri mampu menyekolahkan sampai menuju Sarjana dengan bantuan beasiswa. 

Riwayat pendidikan yang Jusbi tempuh sebelumnya yaitu, TK Islam Bakti 51 Koto Baru, SDN 17 Sungai Langkok, SMPN 3 Koto Baru, dan SMAN 1 Koto Baru di Kabupten Dharmasraya. Setelah menamatkan pendidikan SMA, ia bertekad untuk berlanjut sekolah di tingkat pendidikan tinggi Universitas. Pada tahun 2012 Jusbi diterima di Fakultas Peternakan Universitas Andalas dengan manfaat Beastudi Etos yang sebelumnya terseleksi dari ribuan siswa dari seluruh Indonesia. 

Sejak masa pendidikan sekolah di SMPN 3 Koto Baru Jusbi telah dikenal sebagai sosok siswa yang rajin walaupun dengan kondisi keluarga yang sederhana.

Jusbi juga mengingat bahwa semasa duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) ia pergi bersekolah dengan mengendarai sepeda dengan jarak tempuh 11 Km, walau teman yang lain berkendara dengan sepeda motor.  Semasa SMP riwayat aktivitas pendidikan di SMPN 3 Koto Baru Ia sudah berprestasi memperoleh juara kelas dan kegiatan organisasi seperti Pramuka dan OSIS. Ia juga pernah terpilih menjadi siswa delegasi sekolah sebagai perwakilan sekolah beserta tim nya mengikuti Cerdas Cermat TVRI di Stasiun TVRI Padang dengan perolehan juara 3 tingkat Provinsis Sumatera Barat.

Selanjutnya riwayat pendidikan semasa SMA, Jusbi juga dengan modal tekad untuk melanjutkan pendidikannya. Dengan bantuan beasiswa BAZIZ kala itu Ia tetap bisa bersekolah. Pada masa SMA di SMAN 1 Koto Baru, Jusbi juga masih terlihat sebagai sosok siswa yang rajin dan cerdas. Dengan bukti Ia pada awal masuk SMAN 1 Koto Baru Ia di terima di kelas unggul. Pada setiap semesternya Jusbi selalu memperoleh peringkat baik 5 besar. Dengan prestasi tersebut, Ia juga aktif di berbagai organisasi.

Ia menjadi sekretaris dan ketua OSIS I SMAN 1 Koto Baru, Ketua PMR, Ketua PIK-R, Koordinator Rohis, PRAMUKA, Asosisasi Pelajar Islam Sumatera Barat, bahkan juga terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA), Juara I Tari Berpasangan FLS2N, Juara 1 PBB Pramuka tingkat Kabupaten, Juara 2 Puisi Pramuka tingkat Kabupaten,  dan mengikuti CC TAP MPR TVRI tingkat Sumatera Barat. Dengan prestasi dan pengaaman organisasi yang Ia jalani, akhirnya Ia berhasil lulus pada tahun 2012 dengan penghargaan sebagai siswa Multitalenta SMAN 1 Koto Baru.

Pada tahun yang sama, Jusbi meneruskan berkuliah pada Fakultas Peternakan Universitas Andalas melalui jalur SNMPTN tahun 2012 dengan Beastudi Etos. Untuk kuliah di Padang merupakan kali pertama sebagai pengalaman hidup untuk jauh dari Ibunya. Ia mengku sosok Ibunya pun tetap menjadi sosok yang hebat dengan berjualan gorengan, walaupun ketiga saudaranya telah berkeluarga dan merantau keluar kota. Tak jarang untuk setiap tahunnya pada saat lebaran ketiga sudaranya pun tidak pulang untuk menjenguk Ibunya di rumah. Namun, dengan izin Ibunya Ia berktekad untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu di Universitas Andalas.

Selama berkuliah di Unversitas Andalas, Jusbi menceritakan dari awal semester Ia telah merasakan hal yang luar bisa. Ditambah dengan  Ia tinggal di asrama . Ia mengaku saat awal bergabung dan terpilih menjadi penerima Beastudi Etos, Ia mengenal tujuan untuk menjadi seorang mahasiswa itu harus menjadi “More Than Excellent”, yang berarti lebih dari yang luarbiasa. 

Dengan alasan itu, Jusbi juga menceritakan beberapa pengalamannya selama di berkuliah. Dari aktivitas Organisasi Jusbi mengaku melanjutkan aktivitas berorganisasi dengan pernah menjadi staff dan koordinator di Forum studi islam, DPD Asosisasi Pelajar Islam Sumatera Barata, staff di Konseling UKM PIKMAG Unand, Staff Kementerian Sosisal BEM KM KJK Unand, Manager Discussion HIMAPET Faterna Unand, Koordinator Pra-Bencana Unand, Asisten Labor Teknologi dan Industri Pakan.

Selain itu, dengan kesadaran Ia bisa menjadi Mahasiswa More Than Excellent Ia mengatakan bahwa prestasi adalah salah satu jalan untuk bisa menjadikan jati diri lebih faham dengan ilmu selain berorganisasi di kampus. Prestasi yang pernah Jusbi peroleh selama berkuliah diantaranya yaitu; Kogres Pemuda di Jakarta dan Bogor 2012, Art Performants di MTQ Nasional Mahasiswa 2013, Memperoleh Harapan 1 Lomba Penulisan Puisi tingkat SLTA dan Mahasiswa se-Sumatera Barat 2012, Duta Mahasiswa GenRe Sumatera Barat, Memperoleh Indeks Prestasi Tertinggi angkatan 2012 Fakultas Peternakan, Lulus PKM-W 2013, Mahasiwa Berprestasi Fakultas Peternakan 2015, Mahasiswa Berprestasi Universitas Andalas 2015 dan Mahasiswa Teladan pada Dies Natalis Universitas Andalas 2015. 

Dengan beberapa prestasi yang Ia peroleh, Jusbi juga pernah terpilih sebagai student exchange selama 1 bulan di Nara Institute Science and Technology (NAIST), Japan 2015 dan Internship student selama 3 bulan di program NTCA Indonesia Australia Pastoral Program, Australia.  Serta Jusbi juga memperoleh beasiswa Van Deventer Maas Stichting, Belanda 2015.

Dengan berbekal pengalaman tersebut, Jusbi dianugerahi oleh Rektor Universitas Andalas sebagai Lulusan Terbaik dengan Indeks Prestasi 3,83 (Tiga Koma Delapan Tiga) dan Bintang Aktivis Kampus dari BEM KM Unand dari Fakultas Peternakan di Wisuda IV Universitas Andalas tahun 2016. Penghargaan tersebut sangat jarang diperoleh oleh mahasiswa lulusan dari Universitas. 

Dengan penghargaan tersebut, Jusbi mengatakan “ untuk memperoleh penghargaan ini, mudah-mudahan bisa menjadikan  diri nya  menjadi lulusan mahasiswa yang “More Than Ecxellent”. Jusbi juga menyampaikan bahwa untuk masa depan bagi seorang mahasiswa adalah dibuktikan dengan melepas diri saat usai memperoleh gelar. Dengan tegas Dia mengatakan “bahwa hidup sebagai mahasiswa tidak cukup dengan berprestasi, namun juga harus mampu mengabdi terutama untuk Negeri”. Lantangnya Ia mangatakan bahwasannya dasar tujuan hidupnya adalah pada Al-Qur’an surat Adz-dzariyat 56: yang artinya “ Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku (Allah)”. 

Sebagai penutup Jusbi mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas kesempatan dan nikmat yang telah diberikan selama menempuh pendidikan di Universitas Andalas ini, terima kasih kepada orang tua terutama Ibu, serta teman-teman jurusan peternakan Universitas Andalas.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 1332 times