Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Rahmad Fajar

  • + Prodi: Farmasi
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Rahmad Fajar terdaftar sebagai Mahasiswa Farmasi di Universitas Andalas yaitu berawal ketika ia mengikuti jalur SNMPTN dan program Bidikmisi. Rahmad Fajar terlahir dari keluarga yang bahagia dan harmonis tetapi minim secara ekonomi. Ia dapat kuliah di Universitas Andalas berkat adanya Beasiswa Bidikmisi yang membiayai uang kuliahnya sekaligus memberi uang saku kepadanya. Rahmad sangat bersyukur ketika Ia dapat berkuliah setelah tamat dari SMA. Orang tuanya juga selalu memberi semangat dan doa kepadanya terutama terhadap kuliahnya. 

“Alhamdulillah, saya selalu mendapat beasiswa sejak SMP, SMA sampai Kuliah sehingga saya merasa beruntung dan selalu bersyukur karena hal ini dapat mengurangi beban ekonomi keluarga dan orang tua”ucapnya. 

Rahmad memilih jurusan Farmasi dikarenakan merasa jurusan ini banyak ilmu yang bisa diaplikasikan ke dunia kerja secara langsung. Selama perkuliahan, Ia termasuk mahasiswa yang aktif baik secara akademik maupun non akademik. Walaupun selama menjalani perkuliahan farmasi yang sangat berat bahkan lebih berat dari kedokteran, Ia tetap menikmati semua prosesnya. Perkuliahan di farmasi begitu banyak tugas, banyak praktikum, banyak kegiatan pembinaan, serta banyak mata kuliah yang diambil. Tetapi, Ia juga aktif di unit kegiatan fakultas bidang keolahragaan ( bernama : Pharmacy Sport/ Phasport) bidang publikasi dan humas selama 2 periode dikarenakan Ia rasa kuliah farmasi sudah berat jadi dibutuhkan wadah untuk penyegaran dan kesehatan sehingga Ia lebih mengambil unit keolahragaan farmasi ini.

Selama perkuliahan, Ia sempat berjualan kecil-kecilan di kampus. Ia berjualan kue, roti bakar dan samba (lauk pauk, sayuran) ke teman-teman kampus mulai dari senior sampai junior farmasi. Usaha kecil Ia ini didasari karena banyak teman kampus Ia yang kost dan susah mencari jajanan, samba yang murah dan enak. Oleh karena itu, ide usaha saya muncul. Ia telah berjualan seperti itu selama 1 tahun. 

Selain itu, di perkuliahan Rahmad pernah mengikuti tes untuk delegasi UNAND dalam Olimpiade Farmasi Indonesia di Palembang tahun 2015. Ia sangat bersyukur diberi kesempatan mewakili UNAND di ajang nasional seperti ajang olimpiade farmasi tersebut. Lomba tersebut mempertemukan berbagai delegasi seluruh Indonesia untuk memperebutkan piala dan membawa nama harum kampus masing-masing. Walaupun Ia tidak keluar sebagai pemenangnya, Ia sangat senang karena Ia bisa berjalan-jalan di kota Palembang dan bertemu hal baru serta teman baru.

Selain itu, di ujung perkuliahannya, Rahmad melakukan tugas akhir atau penelitian yang sangat kompleks permasalahannya. Dimulai dari 2 kali ganti judul tugas akhir dan banyak liku-liku dalam pengerjaannya. Kita tahu sendiri bahwa penelitian masing-masing mahasiswa memiliki cerita tersendiri. Berkat kegigihan dan kesabaranya, akhirnya Ia dapat mengambil hikmah dari itu semua, salah satu hikmahnya ternyata bahwa Ia menjadi Lulusan Terbaik Wisudawan Sarjana Farmasi periode I tahun 2017 bulan Februari ini. Rahmad sangat bersyukur dan beribu terimakasih kepada Allah SWT dan semua pihak.  Begitu banyak rencana yang Ia buat tetapi rencana Allah lah yang lebih indah.

Setelah wisuda S1, sekarang ini Ia melanjutkan studinya dengan mengambil kuliah Profesi Apoteker di Farmasi Universitas Andalas yang telah mulai bulan Januari 2017 kemaren, dengan tujuan untuk memantapkan gelarnya dan melatih keterampilannya sebagai tenaga kefarmasian.  

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1117 times
More in this category: « Adrizal Fitri Dafpriyeni »