Hasil Kelulusan SMMPTN Barat  Klik tombol ini untuk melihat Informasi Lengkap
Toggle Bar

Ulil Asfar

  • + Prodi: Agroekoteknologi 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Ulil Asfar dilahirkan di Maninjau 27 Juli 1993 memiliki hobi mendaki gunung dan tadabbur alam. Ulil, begitu panggilan akrabnya, merupakan anak tunggal dari pasangan Amiruddi dan Nanimar, dan memiliki saudara seibu 4 orang dan saudara seayah 5 orang. 

Umur satu tahun Ulil pindah dari Maninjau ke Dharmasraya dan menghabiskan waktu kanak-kanak di Dharamsraya Pendidikan sekolah dasar dia tempuh di SDN 18 Koto Gadang, Kec. Koto Besar, Kab. Dharmasraya, sejak lulus SD dia mulai hidup mandiri dengan melanjutkan pendidikan di kampung halamannya, Maninjau dan jauh dari orang tua yang tinggal di Dharmasraya.  Ulil melanjutkan ke tingkat SLTP di Pondok Pesantren Almuttaqin Balai Belo Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam dan tingkat SLTA di MAN Koto Kecil, Kec. Tanjung raya, Kab. Agam.

Sejak kecil Ulil sudah aktif dalam berbagai kegiatan di lingkungannya. Diantaranya sebagai pengurus remaja masjid, Ketua OSIS, anggota grup kesenian Bukit Barisan dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Dalam berkegiatan Ulil sangat semangat dan terkenal sebagai seorang yang penyantun dan suka menolong di kampungnya.

Kecintaannya pada kegiatan ektrakurikuler meningkat ketika Ulil bergabung dalam gerakan Pramuka Gudep 111/112 MAN Koto Kecil. Selama menjadi anggota Pramuka telah banyak prestasi yang diraih seperti berhasil membawa sekolahnya sebagai juara 1 lomba pionering tingkat Kabupaten Agam dan Kota Madia Bukitinggi, selanjutnya juara 1 pionering tingkat Madrasah se-Sumatera Barat. Dia juga pernah menjadi utusan sekolah dalam Olimpiande biologi di Universitas Negeri Padang.

Setelah lulus dari SLTA Ulil berkeinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan akhirnya, Alhamdulillah dia lulus di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Andalas (Unand). Di Universitas Andalas dia merupakan mahasiswa Fakultas Pertanian Jurusan Agroekotekonlogi angkatan 2012, dan memperoleh beasiswa Bidik Misi.

Tahun pertama Ulil tinggal di asrama mahasiswa Unand dan dia tetap menjadi seorang anak yang aktif berkegiatan, terutama kegiatan sosial.  Kegiatan pertama di asrama yang dia ikut adalah ikut serta dalam pembukaan jalur evakuasi kampung yang terisolir diakibatkan oleh bencana longsor yang terjadi di desa Batu Busuk yang berada tidak jauh dari kampus Universitas Andalas.

Sejak saat itu, Ulil mulai tertarik dengan kegiatan-kegiatan kebencanaan, sehingga dia bergabung dengan organisasi KOSBEMA (Komite Siaga Bencana Mahasiswa Asrama) dengan berbagai pelatihan kebencanaan yang telah diikutinya. Selain  itu untuk meningkatkan kapasitas dirinya Ulil ikut dalam Pendidikan Dasar Cinta Alam di Mapala Pertanian.  Selain itu ia juga tergabung dalam MPM KM Unand, Himpunan jurusan, dan Forum Studi Islam (Forstudi) Fakultas Pertanian.

Pada tahun 20013 setelah tidak di asrama lagi, Ulil dan beberapa orang anggota KOSBEMA bersepakat untuk membawa KOSBEMA ke tingkat Universitas atau tingkat UKM. Jatuh bangun Ulil dan teman-temannya untuk mendirikan UKM KOSBEMA akhirnya tahun 2015 terwujud, dengan ditandai keluarnya SK KOSBEMA dari rekotor.

Kemudian pada tahun 2014 Ulil pernah menjadi delegasi  Forum Studi Islam (Fostudi) Pertanian dalam MUNAS IV IMMPERTI di Bogor. Pada tahun yang sama dia juga diutus sebagai delegasi Unand dalam kegiatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Bengkulu yang diadakan oleh BNPB.

Ulil telah banyak mengikuti kegiatan maupun menjadi fasilitator kegiatan pengurangan risiko bencana, seperti menjadi ketua panitia Disaster Management Event (DME), panitia berbagai seminar mengenai pengurangan resiko bencana baik nasional maupun internasional, pengabdian masyarakat, sosialisasi kebencanaan, pealatihan dan simulasi pengurangan risiko bencana, baik di tingkat kampus maupun luar kampus.

Karena keaktifannya di berbagai kegiatan, pada wisuda Unand 1, Ulil mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Aktivis Kampus (BAK) di Universitas Andalas. Baginya KOSBEMA memang bukan segala-galanya tapi banyak hal dalam hidupnya berawal dari KOSBEMA. 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1036 times