Yozi Yuliardi

  • + Prodi: Teknik Pertanian 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Padang (Unand) - Yozi Yuliardi dilahirkan Jakarta 14 Agustus 1993 memiliki hobi berkelana dan tadabbur alam. Yozi yang juga biasa dipanggil ajo merupakan anak pertama dari pasangan Yusmar S dan Zulbaidah, dan memiliki saudara 5 orang. Umur satu tahun Yozi pindah dari Jakarta ke Pasaman Barat dan menempuh Pendidikan Sekolah Dasar di SDN 1 Air Bangis Kec. Sei. Beremas, Kab. Pasaman Barat. Sewaktu naik ke kelas VI di pindah sekolah ke SDN 16 kec. Batang Anai. Dia melanjutkan pendidikan di SMPN 2 Lb. Alung dan SMKN 1 Enam Lingkung. Kab, Padang Pariaman.

Sejak kecil Yozi sudah diamanahkan menjadi seorang pemimpin dalam kelompok. Terpilih menjadi  ketua kelas sejak SD, sekretaris Osis SMP dan menjadi ketua MPK di SMK menjadi awal karirnya dalam pengembangan potensi diri. Selain itu yozi juga mengikuti kegiatan pramuka dan perwakilan sekolah dalam olimpiade biologi di Universitas Negeri Padang.

Pada awalnya dia tidak berkeinginan untuk berkuliah karena kondisi ekonomi orang tua, oleh karena itulah dia memilih sekolah tingkat atas di SMK. Program Beasiswa Bidikmisi membuka jalan dia untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Berkat usaha yang keras beserta doa akhirnya Yozi menjadi Mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Andalas Padang angkatan 2012.

Tahun pertama Yozi tinggal di asrama mahasiswa Unand dan dia tetap menjadi seorang anak yang aktif berkegiatan, terutama kegiatan sosial.  Kegiatan pertama di asrama yang dia ikut adalah ikut serta dalam pembukaan jalur evakuasi kampung yang terisolir diakibatkan oleh bencana longsor yang terjadi di desa Batu Busuk yang berada tidak jauh dari kampus Universitas Andalas. Pada saat itu Yozi diamanahkan menjadi ketua dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sejak saat itu, Yozi mulai tertarik dengan kegiatan-kegiatan kebencanaan, sehingga dia bergabung dengan organisasi KOSBEMA (Komite Siaga Bencana Mahasiswa Asrama) dengan berbagai pelatihan kebencanaan yang telah diikutinya. Yozi diamanahkan menjadi ketua KOSBEMA AMA UNAND. Banyak kegiatan yang diikuti selama pembinaan diasrama sehingga pada akhirnya Yozi mendapat penghargaan menjadi Anggota Asosiasi Mahasiswa Asrama Terfaforit.

Pada tahun 20013 setelah tidak di asrama lagi, Yozi dan beberapa orang anggota KOSBEMA bersepakat untuk membawa KOSBEMA ke tingkat Universitas atau tingkat UKM. Jatuh bangun Yozi dan teman-temannya untuk mendirikan UKM KOSBEMA akhirnya tahun 2015 terwujud, dengan ditandai keluarnya SK KOSBEMA dari rektor. Perjuangan akhirnya berbuah manis. Yozi menjadi salah satu pendiri UKM KOSBEMA UNAND dan diamanahkan menjadi Ketua Divisi Pendidikan dan Pelatihan pada pengurusan pertama.

Kemudian pada pengurusan kedua Yozi diamanahkan menjadi Sekretaris Jenderal KOSBEMA UNAND. Selama berproses di KOSBEMA banyak hal yang t5elah dilakukan. Pelatihan kebencanaan, aksi social dan pengabdian serta kegiatan lain yang berkaitan dengan penanggulangan bencana. Saat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN UNAND), Yozi bersama anggota KOSBEMA lainnya melaksanakan program pelatihan Kebencanaan dan berhasil membuat Peta evakuasi bencana gunung Marapi Nagarai Batu Palano, kab. Agam. 

Dalam pengembangan diri dan kemampuan dia juga sering menjadi pemateri dan instruktur dalam  pelatihan – pelatihan. Selain itu Yozi juga aktif dalam menulis dan berwirausaha. Pada tahun 2013 Yozi menjadi ketua program PKM-K yang didanai oleh Dirjen Dikti.

Karena keaktifannya di berbagai kegiatan, pada wisuda 1 Universitas Andalas 2017, Yozi mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Aktivis Kampus (BAK) di Universitas Andalas. Baginya KOSBEMA merupakan rumah utama dalam pengembangan kemampuan dan potensi diri. Salam KOSBEMA, Salam Siaga! 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 765 times
More in this category: « Wildan Rasyid Ulil Asfar »