Hasil Kelulusan SMMPTN Barat  Klik tombol ini untuk melihat Informasi Lengkap
Toggle Bar

Anika Putri Shaliha

  • + Prodi: Teknik Elektro
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Menjadi lulusan terbaik diantara 875 wisudawan pada periode kedua Wisuda Sarjana Universitas Andalas (Unand) tahun 2017 menjadi kebanggaan tersendiri bagi Anika Putri Shaliha. Di usia yang baru memasuki 22 tahun ia resmi menyandang predikat sebagai lulusan terbaik dari Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Siapa sangka gadis kelahiran 31 Maret 1995 yang dulunya lulus pada prodi Diploma Akutansi Universitas Padjajaran dan juga lulus Diploma Keperawatan Politeknik Kementrian Kesehatan, Namun karena cita-citanya ingin menjadi seorang Engineer ia memutuskan untuk melanjutkan studi S-1 dibidang Teknik khususnya Teknik Elektro.

Selama kuliah ia  tidak hanya menghabiskan waktu di ruang kelas tetapi juga aktif di berbagai kegiatan organisasi. Ia bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) dan bertugas di department Akademik untuk menyediakan bank soal, mengadakan pelatihan, kelompok belajar dan beasiswa Alumni. 

Selain itu ia juga turut aktif dalam Ikatan Mahasiswa Teknik Bukittinggi dan Agam Timur dan menjabat sebagai sekretaris Umum. 

Memasuki tahun kedua kuliah ia  bergabung menjadi Asisten aktif Laboratorium Konversi Energi Elektrik (LKEE) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unand, menjabat sebagai sekretaris umum periode kepengurusan 2015/2016 dan koordinator pratikum periode pengurusan 2016/2017 dengan tugas utama mengawasi jalannya pratikum di laboratorium tersebut. 

Tak berhenti sampai disitu di akhir tahun 2014 ia bersama 3 orang lainnya didanai oleh Dinas Pendidikan dalam kegiatan Pekan Kreatifitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) mengusung tema Mobil Listrik untuk diperlombakan di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Dalam perjalanan perkuliahan dengan indeks prestasi yang selalu memuaskan dan aktif berorganisasi, alhasil di awal tahun 2015 ia mengikuti tahapan seleksi beasiswa berprestasi dan bersaing dengan beberapa Mahasiswa dari Universitas terkemuka lainnya di Indonesia, berhasil lulus sebagai salah satu Grantee dari Indonesian young Leader Scholarship Program (IYLSP) yang di kelola oleh International Indonesian Education Foundation (IIEF) dan di sponsori oleh PT Paiton Energy. 

Memasuki Tahun akhir ia mulai menyusun Tugas Akhir, melihat jauh akan kebutuhan energi listrik yang menjadi kebutuhan mendasar bagi manusia sementara ketersediaanya terbatas, ia memutuskan untuk mengambil topik Perencanaan Penyediaan Energi Listrik Jangka Panjang wilayah Provinsi Sumatera Barat sebagai penelitiannya.

“Menjalani dengan melakukan yang terbaik di setiap kesempatan yang ada dan percayalah setelah kesulitan, Allah akan mendatangkan kemudahan.” ujarnya Kamis, (18/5).

Alhasil, pada Senin (17/4) ia berhasil menyelesaikan Sidang Tugas Akhir dan mengikuti wisuda II tahun 2017 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,82 dalam rentang waktu 3 Tahun 9 Bulan sebagai Lulusan Terbaik Fakultas Teknik yang bagi sebagian orang sulit untuk ditaklukkan.

“Setelah ini saya akan bekerja dulu sembari mempersiapkan diri untuk lanjut belajar di luar negeri,” tukasnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 714 times