Nabila Putri Yayu

  • + Prodi: Sastra Inggris 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

“The best revenge is massive success”, begitu kata Nabila Putri Yayu, salah satu mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2013 Universitas Andalas jika ada yang menanyakan motto hidupnya. Mahasiswi yang akrab disapa Nabila ini dinyatakan lulus Strata 1 (S1) pada tanggal (20/5) sebagai salah satu lulusan terbaik (Cumlaude) Universitas Andalas setelah menyelesaikan studinya selama 3 tahun 8 bulan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,78 di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas.

Nabila merupakan anak pertama dari empat bersaudara sekaligus anak perempuan satu-satunya dari bapak Yanuar Bey dan ibu Yulfia Nengsih yang lahir pada tanggal 22 Januari 1996 di Padang. 

Nabila menyatakan bahwa tidak mudah baginya melewati masa perkuliahan yang sulit di Universitas Andalas ini. Ketika ia masih bersekolah di Sekolah Dasar (SD) Angkasa I Lanud Padang, peringkat 10 adalah peringkat terbaik yang pernah diraihnya. 

Nilai Ujian Nasional nya yang rendah pada saat itu pun menjadikannya sulit untuk bersaing masuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di kota Padang. Sehingga pada akhirnya, orang tuanya mendaftarkannya ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta Yos Sudarso. 

Ia mengakui bahwa di Yos Sudarso-lah awal yang baru dari kehidupannya dimulai. Guru Yos Sudarso yang disiplin membuatnya sadar dan memotivasinya untuk berubah. Selama menempuh pendidikan di Yos Sudarso, ia selalu meraih peringkat 1 ataupun 2 pada setiap semesternya. 

Ia juga kerap menjadi perwakilan sekolah dalam berbagai kegiatan olimpiade dan ekstrakulikuler. Dibekali dengan pendidikan Organ yang difasilitasi orang tuanya, Nabila berhasil tampil dalam berbagai konser dan resital musik klasik yang diadakan di kota Padang. 

Ia juga aktif dalan kegiatan PASKIBRA dan PRAMUKA. Selain itu, Nabila juga dulunya menjabat sebagai Sekretaris OSIS SMP Yos Sudarso dan berhasil bersama anggota OSIS lainnya dalam mengadakan berbagai event tingakat Kota dan Nasional di sekolahnya. 

Tidak hanya prestasi di bidang ekstrakulikuler, ia juga memiliki sederet prestasi di bidang akademik. Beberapa diantaranya yaitu juara dua pada kompetisi Cerdas Cermat tingkat Kota, peserta National Spelling Bee Competition, serta peserta APBN Quiz on TV “Anak SMP aja Tau” tingkat SMP dan se-derajat se-Indonesia. 

Pada saat bersekolah di SMA Negeri 7 Padang ia berada di kelas unggulan dan berhasil lulus Ujian Nasional dengan Bahasa Inggris sebagai nilai tertinggi, yakni 9,50. Saat pendaftaran SNMPTN, Nabila lulus di jurusan Sastra Inggris Universitas Andalas. 

Ia selalu berhasil mendapatkan beasiswa PPA mulai dari tahun pertama perkuliahannya hingga pada akhirnya ia lulus sebagai mahasiswa terbaik Sastra Inggris pada tahun ini. Nabila mengatakan bahwa hal terpenting dalam meraih kesusksesan itu adalah usaha keras. Tak lupa pula ia mengungkapkan bahwa prestasi-prestasi tersebut juga terwujud berkat doa restu dari kedua orang tua, keluarga serta sahabat-sahabatnya. Seperti yang pernah Walt Disney katakan, bahwasanya  “All our dreams can come true if we have the courage to pursue them”.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 131 times