Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Izal Efendi

  • + Prodi: Ilmu Peternakan
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Izal Efendi lahir pada tanggal 13 April 1993 di Nagari Padang Ganting kabupaten Tanah Datar. Ia merupakan anak bungsu dari 2 bersaudara dari pasangan Zulkarnaini dan Yulidar S.Pd.

Dalam kehidupan sehari-hari ia biasa dipanggil Izal. Ia yang mengawali aktivitas sebagai pemain basket di tim SMA N 1 Padang Ganting dan sukses mengukir sejarah sekolahnya yaitu menjadi juara 1 turnament basket antar SMA se kabupaten Tanah Datar pada tahun 2010 dan Juara 3  turnament basketball antar SMA di STAIN Batusangkar.

Ia juga terdaftar mewakili Tanah Datar dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) di Padang tahun 2010 namun batal untuk mengikuti Pekan Olahraga Remaja Daerah (PORDA) karena akan megikuti UAS dan UN.

Selaian itu ia belum pernah sama sekali tergabung dalam suatu organisasi sampai pada tahun 2011 setelah menyelesaikan studi dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan ia baru tergabung dalam organisasi Himpunan Pemuda Pelajar Padang Ganting (HP3) sebagai anggota. 

menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Andalas pun tidak mudah baginya yang juga bersuku chaniago. Pada tahun 2011 ia belum beruntung dalam SBMPTN, kemudian ia mencoba kembali mengikuti SBMPTN pada tahun 2012 dan berhasil lolos seleksi sebagai mahasiswa di Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Memulai kiprah organisasi di HP3 sebagai anggota, ia mencoba untuk terus maju dan mengembangkan potensi diri dengan mendaftar sebagai Anggota di Pramuka Universitas Andalas. 

Memulai aktifitasnya di Pramuka sebagai koordinator publikasi dan dokumentasi pada kegiatan Water Rescue dan menjadi sanggar kerja Festival Tahunan Swarnadwipa (FIESTA) bidang perlengkapan. 

Dalam berkegiatan di organisasi ini ia teringat satu kata dari pelatih basketnya “jika sudah menjadi hobby akan susah untuk dilepaskan” itulah yang membuatnya kembali mencoba menyalurkan hobby dan ingin bergabung dengan tim basket fakultas peternakan, namun sayang langkahnya kali ini tidah semudah yang dibanyangkan, ia harus memulai dari awal kembali, hal ini karena tim basket peternakan tidak lagi aktif. Dengan semangatnya ia berusaha mengumpulkan teman-teman untuk mendirikan kembali basket peternakan.

Tahun 2013 ia di percaya menjadi ketua kegiatan sosial HP3 yakni “bimbel HP3” yang bertujuan untuk membantu pelajar SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan, khususnya pelajar asli Padang Ganting dan alhamdulillah kegiatan tersebut bermanfaat dan banyak dari peserta yang diterima di PTN yang mereka inginkan. 

Di tahun 2014 ia diminta bergabung bersama pengurus UKO fakultas sebagai koordinator basketball. Tahun 2015 bisa dibilang tahun yang membanggakan dan menyedihkan bagi nya, sebab ia bersama teman-temannya mampu membawa tim basket peternakan menjadi juara 3 Pekan Olahraga Universitas Andalas (POMNAND) disamping itu ia juga diamanahkan menjadi ketua kegiatan latihan fisik dan mental oleh UKM Pramuka dan juga dipercaya memegang amanah sebagai ketua 2 festival tahunan swarnadwipa (FIESTA) Pramuka Universitas Andalas yang ke 29 namun pada tahun yang sama ia juga harus kehilangan sosok malaikat pelindung (mama) yang harus pergi untuk selamanya.

Tahun 2016 ia berhasil membawa tim basket fakultas peternakan menjadi juara 1 dalam turnament yang diadakan oleh IAIN Bukittinggi dan kembali menjadi juara 3 pada Pekan Olahraga Universitas Andalas pada tahun 2017. 

Setelah menyelesai ujian sarjana di Fakultas Peternakan ia dipercaya oleh nagari Padang Ganting sebagai Bendahara 2 dalam organisasi kepemudaan yakni Basketball Padang Ganting. Berkat kegigihan dan semangatnya untuk selalu berusaha dan melakukan yang terbaik akhrinya terpilih menjadi salah satu dari orang-orang yang suskses dan mendapatkan predikat sebagai Bintang Aktivis Kampus (BAK) Universitas Andalas.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 243 times