Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Sonia Fikra

  • + Prodi: Teknik Sipil 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Menjadi lulusan terbaik Fakultas Teknik pada wisuda 3 tahun 2017 merupakan pencapaian yang sangat ia syukuri, tidak pernah saya targetkan tetapi hanya menanam kan dalam diri saya lakukan yang terbaik sesuai kemampuan. Alhamdulillah ia bisa menyelesaikan perkuliahan selama 4 tahun dengan indeks prestasi 3,88 dan predikat lulus dengan pujian.

Ia lahir di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat merupakan anak ke 5 dari 6 bersaudara. Berasal dari keluarga sederhana ayah bekerja sebagai wiraswasta dan ibu sebagai ibu rumah tangga.

Menjadi mahasiswa dari daerah tetapi tidak menyurutkan langkahnya untuk belajar dan sejajar dengan kawan-kawan dari kota. Sebelumnya ia bersekolah di SDN 04 Sungai Beremas Pasaman Barat SMPN 1 Sungai Beremas dan SMAN 1 Pasaman. 

Saat SMA ia mendapatkan beasiswa dari Pemda untuk ikut di kelas unggul dengan biaya dari pemerintah, alhamdulillah ia bisa mendapat berjuta pengalaman di asrama bersama kawan-kawan dari seluruh Kecamatan di Pasaman Barat. Di masa SMA ia ikut kelompok olimpiade dan juga aktif sebagai panitia lomba matematika sekabupaten pada saat itu.

Ia juga merupakan salah satu mahasiswa yang kuliah dengan beasiswa Bidikmisi, dibangku perkuliahan ia bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) dan juga menjadi asisten di Laboratorium Material dan Struktur (LMS) di LMS saya mendapat pengalaman dan keluarga baru yang sangat memotivasi dalam perkuliahan. 

Berkuliah di jurusan yang dianggap sulit bagi kebanyakan orang menjadikan tantangan tersendiri baginya, mulai dari dosen killer, praktikum yang berat, perkuliahan yang padat serta kegiatan labor yang banyak saya lalui dengan suka dan duka. Tetapi dengan memegang prinsip manjadda wajada semua itu bisa di lalui.

Di tahun ketiga perkuliahan merupakan masa terberat baginya, orang tua perempuannya meninggalkannya untuk selamanya. Sempat drop tapi berkat motivasi dari keluarga dan kawan-kawan saya bisa bangkit lagi. Alhamdulillah di wisuda 3 ini ia bisa memberikan hadiah menjadi mahasiswa lulusan terbaik untuk almarhum ibunya, walaupun ibunda tidak akan mendampingi lagi saat wisuda ini.

So tidak ada yang tidak mungkin, tanamkan pada diri bahwa kita mampu. Berusaha dan pastinya berdoa, insyaAllah apa yang kita targetkan bisa kita capai.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 486 times
More in this category: « Izal Efendi Nuraini »