Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Emiliya Febriyani

  • + Prodi: Sistem Peradilan Pidana
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Empat tahun adalah anugerah luar biasa yang saya sebut “tersesat ke jalan yang benar.” Segala pengalaman dan orang-orang yang ia temui telah membentuknya menjadi sekarang ini. 

Semua bermula ketika ia tamat dari SMA menuju Perguruan Tinggi. Ia datang dari keluarga yang sangat-sangat sederhana. Ibunya adalah seorang ibu rumah tangga, sedangkan Ayah Saya hanyalah seorang petani biasa. Bahkan untuk membayar biaya sekolahnya saja sangat kesulitan. 

Ia ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan ia yakin bahwa hanya dengan pendidikanlah bisa mengubah kehidupan keluarganya.

Hidup memang begitu keras! 

Ia anak pertama dari tiga bersaudara mimpinya dan adik-adiknya sangatlah tinggi, sedangkan jika melihat kondisi keluarga kami memang tidak memungkinkan untuk bisa mewujudkan mimpi tersebut. Orang tuanya menjelaskan bahwa kondisi finansial memang tidak memungkinkan untuk melanjutkan studi. Sedangkan ia mempunyai dua orang adik yang masih membutuhkan biaya untuk sekolah. 

Karena keras hati dengan modal juara kelas dan beberapa sertifikat prestasi yang dimilikinya, ia mencoba melanjutkan pendidikan teknik ke ITB melalui jalur SNMPTN. Tidak lulus kemudian Ia mencoba mengikuti tes untuk masuk ke beberapa universitas favorit tapi apalah daya sepertinya mimpinya memang tak dapat terwujud. Hingga suatu hari, seorang teman memberitahunya tentang Beasiswa Bidikmisi jalur SBMPTN.

Dengan sedikit harapan bahkan dengan rasa kurang percaya diri, ia tetap mengikuti proses seleksi untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Beberapa minggu kemudian dengan perasaan campur aduk ia buka portal SBMPTN dan namanya disana tertulis bahwa ia diterima pada pilihan pertama menjadi Mahasiswa di FHUA angkatan 2013 dengan Beasiswa Bidikmisi. Alhamdulilah… 

Sejak saat itu ia berjanji dalam hidupnya untuk tidak akan menyia-nyiakan “duit rakyat” ini. Selalu dalam benaknya dimana pun berada, ia ingin berguna bagi banyak orang dan kalau bisa dimanapun menimba ilmu, disamping belajar ia juga ingin menyumbangkan hal-hal terbaik yang bisa ia lakukan di tempatnya berada.  

Mulai dari tahun 2013 sampai terakhir kuliah, Alhamdulillah tiap tahunnya tidak pernah ia lewatkan untuk tidak bergabung dan berjuang bersama-sama dengan rekan-rekan yang luar biasa di Tim Debat Kampus. Perempat Final kompetisi debat hukum Padjajaran Law Fair (PLF), Juara 2 kompetisi debat Usu Law Competition (ULC), Juara 2 Kompetisi Debat Mahkamah Konstitusi, Juara 2 kompetisi Legal Opini Brawijaya Law Fair (BLF) dan berbagai perlombaan lainnya hingga pada akhirnya ia berhasil menyumbangkan beberapa piala dan membawa nama harum Universitas Andalas khususnya Fakultas Hukum Universitas Andalas. 

Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai organisasi dan kegiatan di dalam maupun di luar kampus diawal masuk Universitas Andalas ia telah tergabung menjadi anggota Asosiasi Mahasiswa Asrama (AMA) Universitas Andalas pada tahun 2013-2014. Koordinator pengembangan dan anggota Research and Develompment Lembaga Pegkajian Islam (RnD LPI ) FHUA 2014-2017. 

Anggota Komunitas Basilek Lidah (Kombad) Justitia FHUA SEJAK 2013-2017. Koordinator Wilayah Barat Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi Mahasiswa Indonesia (LDHKMI) 2016-2017. Anggota Dewan Legislatis Mahasiswa (DLM) Negara Mahsiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas tahun 2016-2017. Panitia pelaksana Konferensi Hukum Tata Negara I dan II tahun 2014 dan 2015. Panitia pelaksana lomba Pekan Konstitusi Siswa-Siswi SLTA se Sumatera sejak 2014-2016 serta menjadi peserta Klinik Etik Komisi Yudisial tahun 2016 yang diadakan di Fakultas Hukum Universitas Andalas.

Meminjam kata-kata Dato Sri Tahir, “Kita mungkin tidak dapat memilih dari keluarga apa kita dilahirkan, atau darimana asal kita.” Tetapi kita bisa memilih ingin menjadi apa kita di masa depan. Kata-kata itulah yang sampai saat ini menjadi motivasi Saya.

“Kerjakan bagianmu, maka Allah akan mengerjakan bagian-Nya”

Humas dan Protokol Unand

 

Read 735 times
More in this category: « Nuraini Hidayat Saputra »