Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Adha Giva Sakinah

  • + Prodi: Farmasi
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Giva, begitu ia biasa dipanggil merupakan mahasiswa Fakultas Farmasi angkatan 2013 dan mahasiswa program profesi Apoteker Angkatan II 2017. Sebelumnya giva menempuh pendidikan di SDN 50 Payakumbuh, SMP N 7 Payakumbuh, dan SMA N 1 Payakumbuh.  Anak dari pasangan Jhon Simon dan Pepi Novita ini memulai aktivitas berorganisasi di Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Genta Andalas pada tahun 2014. 

Gadis asal Payakumbuh ini memiliki sifat selalu ingin tahu banyak hal dan suka menjalani kesibukan. Baginya, sibuk itu indah. Ketertarikannya dengan dunia jurnalistik memutuskan Giva memlilih Genta Andalas sebagai tempat untuk belajar dan mencari pengalaman baru. Butuh waktu yang lama saat mengikuti proses pembinaan di Genta Andalas. Namun, bakat dan hobinya dalam menulis, membuatnya bisa bertahan sehingga ia resmi dilantik menjadi anggota penuh Genta Andalas pada tahun 2014.

Kegiatan di Genta bukan hanya menerbitkan berita, namun Genta banyak melaksanakan acara seperti Pekan Jurnalistik, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional, dan Genta Goes To School. Namun yang terpenting baginya, Genta adalah rumah kedua, tempat dimana ia menemukan keluarga baru, menemukan bakat yang terpendam, dan juga tempat belajar untuk mengubah karakter diri menjadi lebih baik.

Pada tahun 2015, Giva diamanahkan menjadi Koordinator Liputan di Genta Andalas periode 2015/2016. Menjadi Koordinator Liputan di Genta Andalas membuatnya merasa kaya akan isu baik di dalam kampus maupun luar kampus. Selain itu juga melatih kemampuan dalam mengedit tulisan dan membuat berita. 

Kemampuannya dalam menulis berita membuatnya beberapa kali diminta oleh unit kegiatan mahasiswa di tingkat fakultas maupun universitas menjadi pemateri pelatihan jurnalistik tingkat, bahkan juga dipercaya untuk menjadi juri lomba artikel. Tidak hanya itu, gadis yang lahir pada tanggal 1 Mei 1995 ini juga pernah diberikan kepercayaan menjadi tim UI Green Metric Unand pada tahun 2015.

Tidak hanya bergabung dalam organisasi tingkat universitas, ia juga memulai kiprahnya di organisasi tingkat fakultas, yaitu bergabung dengan Club Ilmiah NSAID Fakultas Farmasi Universitas Andalas sebagai Anggota Divisi Action pada tahun 2015. Ditahun berikutnya anak ketiga dari enam bersaudara ini diamanahkan menjadi Sekretaris Club Ilmiah NSAID. Selain kuliah dan aktif berorganisasi, ia juga menjadi asisten laboratorium Biokimia pada tahun 2016 dan 2017, dan Laboratorium Farmakognosi pada tahun 2016.

Menjadi penggiat sosial menambah kebahagiaan tersendiri baginya, maka dari itu ia juga aktif di komunitas sosial. Selain aktif berorganisasi dalam kampus, Giva juga mengikuti organisasi diluar kampus yaitu organisasi kepemudaan yaitu Indonesia Youth Opportunities in International Networking (IYOIN LC Padang). Ia diamanahkan sebagai menjadi Kepala Departement Project IYOIN LC Padang di tahun 2016. Ia juga melanjutkan kepengurusannya di tahun 2017 sebagai Deputy Excecutive Diretor (DED) IYOIN LC Padang sampai saat ini. 

Sebagai organisator tak membuat Giva melupakan tanggung jawab sebagai mahasiswa. Ia tetap mengimbangi antara akademik dan organisasi dan menuai prestasi disela kesibukannya. Pada tahun 2015 ia mewakili Fakultas Farmasi dalam Lomba Pharmacy Counseling Event (PCE) Pharmanova yang diadakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Di tahun yang sama ia juga menjadi delegasi Lomba Pharmacy Counseling Event (PCE) Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI) yang diadakan di Universitas Padjajaran Bandung. 

Tahun 2015 merupakan masa yang berkesan baginya dalam menuai prestasi di bidang akademik. Pada tahun yang sama ia juga dinobatkan sebagai Pharmacy Best Concellor”tingkat Fakultas Farmasi Unand. 

Ia juga mendapatkan Juara 1 dalam lomba PCE Pharmacy Knowledge and Skill Chalenges (PILLS) tingkat fakultas Farmasi. Tidak hanya itu, di akhir tahun ia menuai prestasi dengan mendapatkan Juara 1 dalam Lomba PCE dalam pekan ilmiah mahasiswa Farmasi Wilayah Sumatera II. Ketertarikannya dengan dunia konseling membuatnya menekuni bidang Farmasi Klinis dalam tugas akhirnya.  

Kesibukannya di dunia organisasi tak menghambatnya untuk menuai prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2016, ia sempat terbang untuk mencuri ilmu dengan mengikuti program Student Exchange yang diadakan oleh International Office Unand dan Fakultas Farmasi Unand. Giva medapatkan kesempatan untuk belajar di Ngee Ann Polytechnic Singapore selama 30 hari dari tanggal 25 Juli 2016 sampai 25 Agustus 2016. Banyak pengetahuan, pengalaman, nilai dan budaya  yang didapatkan selama berada di Singapura, baik dari segi pendidikan, bahasa dan lainnya. 

Selain mengikuti lomba PCE, pada tahun 2016 giva mengukuti Lomba Essay Pharmacy Exhibition NSAID Tingkat Nasional dan berhasil meraih Juara 1. 

“Berkaryalah tanpa batas, kepakkan sayap dan terbang setinggi- tingginya, gunakan kesempatan selagi ada, karena kesempatan tidak datang dua kali. Jadikan organisasi sebagai warna tersendiri untuk menunjang prestasi akademik,”tuturnya. 

Tepat pada tanggal 26 Agustus 2017,  pada rapat wisuda III tahun 2017 yang diadakan Unand ia secara resmi menyelesaikan studinya dan memperoleh gelar S.Farm (Sarjana Farmasi). Giva sangat bersyukur karena bisa menyelesaikan masa studinya selama 3 tahun 11 bulan dengan predikat sangat memuaskan. 

Terakhir pesan darinya adalah selalu bersyukur dengan apa yang diraih saat ini, jangan pernah menyerah ketika gagal mencapai target, dan jadilah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 921 times