Live Streaming Rapat Terbuka Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Andalas ke 60 Tahun  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Fina Seprianita

  • + Prodi: Pendidikan Dokter
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Sudah tiga tahun lebih ia habiskan untuk menuntut ilmu di jenjang preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kini gerbang baru telah terbuka, gelar Sarjana Kedokteran sudah melekat di belakang namanya. Menjadi lulusan terbaik Fakultas Kedokteran pada wisuda III tahun 2017 merupakan pencapaian yang sangat ia syukuri. Tidak pernah terlintas dalam pikirannya hal sebesar ini, namun ia tetap menanamkan dalam dirinya untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuannya.

Fina begitu ia sering disapa, lahir di Bekasi pada tanggal 1 Agustus 1995. Ia berasal dari keluarga sederhana dan merupakan putri dari pasangan Muchlis dan Miswarti. Sebagai anak satu-satunya, ia bertekad untuk menjadi sosok yang membanggakan bagi kedua orang tuanya. 

Ketika ditanya mengenai cita-citanya, Fina selalu menjawab dengan lantang bahwa ia ingin menjadi seorang dokter. Dari kecil hingga sekarang cita-citanya tidak pernah berubah. Untuk meraih impiannya tersebut ia sudah melalui beberapa jenjang pendidikan. Sebelumnya ia bersekolah di SD Kartika 1-11 Padang, SMPN 8 Padang dan SMAN 1 Padang.

Saat SMA, ia juga mendapatkan predikat Juara Umum. Sebuah karunia yang sangat disyukurinya, dengan cara ini ia dapat membuat kedua orang tuanya bangga. Selain itu, ia juga aktif dalam organisasi International Jappanese Olimpiade di sekolahnya dan ikut serta dalam kepanitiaan beberapa kegiatan yang diadakan di sekolahnya. 

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Saat itu ia merasa semakin dekat dengan cita-citanya. Hanya satu pilihannya, yaitu masuk perguruan tinggi negeri Universitas Andalas jurusan kedokteran. Dengan izin Allah SWT, ia diterima dalam jurusan itu. Sekali lagi ia dapat merasakan kebahagiaan kedua orang tuanya.

Berkuliah di jurusan yang dianggap sulit bagi kebanyakan orang menjadi tantangan tersendiri baginya. Satu hal yang diingatnya, selalu berserah diri pada Allah SWT, seberat apapun ujian insyaallah dapat dilalui karena Allah SWT tidak pernah memberikan ujian melebihi batas kemampuan kita sebagai manusia.

Selain mengikuti kegiatan akademik, ia juga berperan aktif dalam organisasi baik di Fakultas Kedokteran maupun tingkat nasional. Ia bergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Rumah Seni dan diberi amanah untuk menjadi koordinator Information Provider (IP). Ia juga bergabung dalam organisasi Center for Indonesian Medical Students' Activities (CIMSA) dan ikut serta dalam kepengurusan tahunan sebagai anggota Fundraising and Merchandise (FnM) Team Nasional.

Di tahun akhir perkuliahan, ia mulai disibukkan dengan urusan skripsi. Alhamdulillah ia dapat menyelesaikannya dan meraih gelar Sarjana Kedokteran dengan masa kuliah 3 tahun 8 bulan. Walaupun telah diwisuda, perjalanan untuk mencapai cita-citanya masih panjang. Ia merasa bahwa ini merupakan batu loncatan untuk menuju gerbang-gerbang kesuksesan yang sesungguhnya. Ia bertekad untuk menjadi manusia yang berguna baik bagi lingkungan sekitarnya hingga negaranya, Negara Indonesia.

Semua rintangan dapat dilalui jika kita percaya bahwa kita bisa dan serahkan keputusannya pada Allah SWT semata.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 262 times
More in this category: « Adha Giva Sakinah