Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Ririn Andriani

  • + Prodi: Hukum Tata Negara 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Ririn Indriani biasa dipanggil Ririn atau lebih singkatnya in merupakan mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2014 Universitas Andalas. Ririn di lahirkan di sebuah kota yang terkenal dengan Jam Gadangnya pada tanggal 11 Juni 1996. Ia merupakan anak dari pasangan Bapak Zakirman dan Ibu Nurbaiti . Menjadi anak paling terakhir di keluarga yang sederhana membuat ia sangat bersyukur. Karena dari keluarga ini, ia  banyak mendapatkan pelajaran hidup dan menjadikannya seorang pribadi yang kuat, mandiri, disiplin dan pantang menyerah. 

Ririn yang dinobatkan menjadi Gadih Bukittinggi tahun 2017 ini menempuh pendidikannya di SDN 09 Pakan Kurai Bukittinggi. SMPN 6 Bukittingi, dan SMAN 1 Bukittinggi . 

Sejak menempuh pendidikan, ia sudah aktif dalam kegiatan organisasi dan perlombaan  seperti dokter kecil pada waktu SD, SMP ia menjabat sebagai Ketua Bidang Kewarganegaraan (OSIS) Anggota PMR, Pemenang juara III  pada perlombaan PMR antar SMP se- Bukittinggi. 

Perjalanan organisasi dan prestasinya tidak berhenti sampai disitu, selama menempuh jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), Ririn terpilih menjadi pasukan 17 Paskibraka disekolahnya. Prestasi terus diukir olehnya, Ia bersama timnya  juga mengikuti perlombaan Cerdas Cermat  (LCC) mulai tingkat kota, provinsi dan akhirnya terpilih untuk mewakili Provinsi Sumatera Barat ke Tingkat Nasional dan meraih Juara Harapan I. Ia juga diangkat menjadi Sekretaris Umum LCC 4 Pilar SMAN 1 Bukittinggi.   

Ririn lulus SMA pada tahun 2014, Ia juga mengikuti Test Polisi dan gagal pada test terakhir. Kegagalan itu sempat membuatnya lemah dan rapuh. Tetapi berkat dukungan orang tua, ia terus berjuang . Akhinya, ia  melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan lulus pada jalur SBMPTN di Fakultas Hukum Universitas Andalas. 

Pengalaman dan jiwa organisasi masih melekat dalam dirinya. Ia sekarang aktif dalam organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa) Unand . Karir awalnya adalah ia menekuni bidang Master Of Ceremony (MC) dalam setiap pelaksanaan Upacara Bendera di Unand. Tidak hanya itu, Ia juga mempunyai kemampuan dalam PPN, PBB Senjata serta Public Speaking . 

Banyak yang mengatakan bahwa menjadi anggota Menwa nantinya akan menjadi mahasiswa abadi. Opini itu ditepisnya. Terbukti pada awal perkuliahan ia meraih IPK 3.93 dengan kesibukan organisasi dan kuliah. 

Kini, Ririn mengukir prestasi dalam ajang pemilihan Bujang Jo Gadih Bukittinggi. Ia dinobatkan menjadi Gadih Bukittinggi Tahun 2017. Semua prestasi yang diraihnya tidak terlepas dari doa-doa orang-orang sekitar dan restu kedua orang tua nya. 

Ia juga mengingat pesan sang ibu “ Jangan pernah berharap untuk menang, tapi lakukanlah yang terbaik. Jikalau kamu gagal pun kamu tidak akan bersedih, karena kamu sudah melakukan yang terbaik dari dirimu dan tetaplah menjadi diri sendiri”. 

Menjadi Gadih Kota Bukittinggi adalah amanah sekaligus tantangan terbesar baginya. Ia berjuang dan berusaha keluar dari zona nyaman selama ini dan sekaligus ia  berusaha agar dapat menjadi contoh yang baik bagi  generasi muda dan menjadi inspirasi bagi generasi muda agar dapat menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.  

Tidak hanya itu,  tetap menjadi diri saya sendiri itu adalah hal yang penting. Belajar dari tidak bisa menjadi bisa.  Dari tidak tau menjadi tau. Ada yang memuji dan ada juga yang menjatuhkan. Hal ini adalah hal yang wajar, ia juga mengingat pernah gurunya berpesan “Nahkoda yang hebat, adalah nahkoda yang sering dihantam gelombang”. Tetap semangat dan jangan menyerah. 

Humas dan Protokol Unand 

 

 

Read 415 times