Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Sari Sas Anggriani

  • + Prodi: Ilmu Hukum
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Sari mengikuti Program Student Mobility dari UPT Layanan Internasional Universitas Andalas ke Matej Bel University Banska Bystrica Slovakia selama satu bulan penuh. Program tersebut dimulai sejak tanggal 15 September hingga 15 Oktober 2017.

Semua berawal dari Letter of Acceptance yang diterimanya melalui international officer Matej Bel University yang akhirnya lulus menjadi salah satu perwakilan fakultas hukum untuk program yang dicanangkan oleh UPT layanan Internasional setiap tahunnya.

Sari memperoleh tiga kelas berbahasa inggris American Law School, Intelectual Property Law, dan Legal English. American Law School diberikan oleh Prof. Brown Charles yang didatangkan dari Georgia University Amerika Serikat selama dua minggu berturut-turut. Sedangkan kelas lainnya bersama dosen berbahasa inggris dari Matej Bel University.

Untuk mengisi hari-hari selama di Slovakia, Sari bergabung dengan Erasmus Student Banska Bystrica yang merupakan mahasiswa asing yang mengambil perkuliahan selama satu semester di Matej Bel University, banyak pengalaman baru yang didapatkan melalui Erasmus student. 

Bagaimana masing-masing peserta datang dengan budaya yang dimilikinya, namun tetap dapat berbaur dan menyatu satu sama lain. 

Menjadi global citizen, lebih open minded, mencintai keberagaman, dan yang lebih seru adalah explore Slovakia bersama-sama. Setiap weekend tiba, Erasmus student akan ke kota-kota lain di Slovakia untuk mengenal lebih jauh negara tersebut, seperti zvolen, Bratislava sang ibukota, dan High Tatras untuk merasakan salju abadi Slovakia.

Bersama mahasiswa Erasmus ia juga melakukan kegiatan sosial seperti Urpin Cleaning untuk mengumpulkan sampah di bukit Banska Bystrica, peduli terhadap hewan terlantar Dog Shelter di Zvolen, memainkan permainan tradisional, memperlajari sejarah Slovakia melalui kunjungan ke Museum Uprising Nasional, dan ikut berpartisipasi dalam October-fest yang diangkat oleh mahasiswa hukum Slovakia.

Di Matej Bel University kami juga menyempatkan diri untuk bergabung dengan tim tari dan music tradisional Slovakia. Tim tersebut juga mengajari kami bagaimana tarian sovakia yang sangat unik dan menyenangkan.

Ia juga menyempatkan diri untuk mencicipi makanan tradisional Slovakia, yang pasti tanpa disertai daging yang tidak halal. Kami mencicipi halusky bez skvarkov, zemiakova placka, byndza, dan juga coca cola khas Slovakia yang disebut covola.

Banyak ilmu yang didapat selama disana mempelajari kemajuan negerinya, masyarakat yang tertib dan taat peraturan, lingkungan kota yang bersih, nyaman dan aman, dan sistem pendidikan yang luar biasa bagusnya. 

Namun tanpa mengurangi rasa cinta terhadap negeri sendiri, karena kita adalah masa depan bangsa untuk menjadikan Indonesia lebih baik kedepannya. 

Setelah program selesai ia berangkat ke Bratislava untuk mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Slovakia. Sambutan yang hangat dari para diplomat Indonesia, disuguhi Bakso yang dimasakkan langsung oleh salah satu istri diplomat kedutaan, diberikan tempat menginap, dibawa berkeliling Bratislava sambil merasakan bagaimana ramah tamah Indonesia, mestipun tanah air nun jauh di belahan dunia sana.

Program student mobility ini sangat bermanfaat baik baginya maupun bagi universitas. Kedepannya dapat di jalankan kerjasama yang lebih intens dan semoga program tersebut dapat lebih dari satu bulan. 

Baginya dan mahasiswa lain yang berangkat program ini akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan sepanjang hidup mereka. 

Ilmu yang didapatkan akan digunakan sebaik mungkin untuk masa depan dan semoga dapat menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 254 times