Dian Pertiwi Alty

  • + Prodi: Ilmu Hukum
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Dian Pertiwi Alty lahir di Pariaman Provinsi Sumatera Barat pada 22 Februari 1995  merupakan anak pertama dari Alinusir dan Syuryati. Gadis yang memiliki darah Pariaman ini merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas tahun 2013. Dian adalah seorang pemimpi yang memiliki berbagai mimpi dari kecil. Semenjak masih duduk di bangku Sekolah Dasar keliling dunia adalah mimpi besarnya. Tahun demi tahun berlalu mimpinya itu terjawab ketika duduk di bangku perkuliahan melalui program Student Mobility yang diadakan oleh Universitas Andalas. Bersama 47 orang lainnya yang lulus program ini, Dian merasakan mimpinya menjadi nyata. Kegiatan itu berlangsung dari tanggal 15 September sampai 15 Oktober lalu. Dian merupakan alumni SMAN 2 Padangpanjang dan sempat pindah sekolah beberapakali, karena mengikuti orangtuanya yang pindah dinas.

Selama program exchange berlangsung banyak hal baru yang dipelajarinya dan merupakan suatu kebanggaan baginya mencoba berkuliah dengan dosen asing serta lingkungan baru. Selain masuk dunia perkuliahan di Fakultas Hukum Universitas Mateja Bela Banska Bystrica Slovakia, ia juga sempat merasakan belajar American Law School bersama Prof. Brown Charles dari Georgia University, Amerika Serikat. 

Meski ia harus belajar dan beradaptasi dengan lingkungan baru, ia tidak menyerah. Disana ia mengenal Erasmus Student Network, dan berkenalan dengan anak Erasmus dari berbagai negara. Erasmus adalah sebuah organisasi yang menaungi anak – anak Eropa dan memfasilitasi mereka jika ingin melakukan pertukaran pelajar. 

Selain kuliah dan mengikuti berbagai kegiatan bersama Erasmus student, Dian juga tak lupa untuk wisata kuliner. Ia mencoba Kofola yang merupakan minuman sejenis kola khas Slovakia. Ia juga mencoba makanan tradisional Slovakia halusky bez skvarkov yang berbahan dasar kentang dan keju. Ia pun sempat belajar tarian tradisional Slovakia bersama dance club Matej Bel University. Selain itu ia juga mengikuti kegiatan sosial peduli terhadap binatang di Dog Shelter. Tak ketinggalan, ia juga belajar sejarah Slovakia dengan mengunjungi National Uprising Museum.

Melalui perjalanannya kali ini, ia merasakan salju pertamanya di puncak High Tatras Slovakia. Haru dan bahagia adalah perasaan yang tak dapat ditepisnya saat itu. Begitu indah baginya saat merasakan hal yang dulu ia mimpikan dan ia idam-idamkan menjadi nyata. Sangat besar arti mimpi baginya. Ia begitu berterimakasih kepada Universitas Andalas dan Upt Internasional yang memberinya kesempatan untuk mencecap pengalaman yang luar biasa itu.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 257 times