Dalli Burhan

  • + Prodi: Fisika 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Dalli Burhan biasa dipanggil Dalli, khusus di lingkup keluarga ia dipanggil Ali. Pria gagah ini lahir di kota wisata yang terkenal dengan jam gadangnya, yaitu Di Bukitinggi pada tanggal 11 November 1993. 

Ia merupakan anak dari pasangan H Andesmon dan Rabiatul Asma. Terlahir dari keluarga sederhana, ayah sebagai pedagang dan ibu sebagai ibu rumah tangga. Hari-harinya ditemani oleh saudari perempuannya Dilla Rahmi, S.pd and his brother M. Dzainul Hafiz yang perhatian dan penuh kasih sayang. Ia dididik dalam linkungan yang religius dan dengan penuh cinta.

Pendidikan pertamanya di SDN XX Mandiangin dan SDN 04 Garegeh, setelah itu ia melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 dan Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Bukittinggi. Dari SMP ia telah aktif dibidang olahraga dan kepramukaan. Pernah aktif latihan beladiri silat di tahun pertama SMP dan beberapa kali memperoleh juara gerak jalan se-Kota Buittinggi.

Di sekolah menengah atas ia menekuni dunia kepramukaan, tidak hanya organisasi kepramukaan di sekolah, ia juga menempa diri di organisasi kepramukaan yang dinaungi oleh Polri (Saka Bhayangkara) dan TNI AD (Saka Wirakartika). Alhasil ia beberapa kali mendapatkan juara Lomba kepramukaan baik tingkat kota maupun provinsi. Ia juga pernah mendapatkan juara lomba Debat Bela Negara tahun 2011. Atas karunia Allah SWT, ia juga sukses menjadi tim penaikan sang saka merah putih sebagai anggota Paskibraka tahun 2010.

Pada tahun 2012 ia diterima di Universitas terkemuka Universitas Andalas, kesukaannya pada ilmu fisika membuatnya memilih jurusan fisika fakultas MIPA sebagai sohib di perkuliahan. Tidak hanya disibukkan dengan rumus-rumus dan praktikum di laboratorium, ia juga menyibukkan diri dibeberapa organisasi, diantaranya Himpunan Mahasiswa Fisika, Lembaga Dakwah Kampus dan Racana Swarnadwipa UKM Pramuka Unand. Baginya organisasi tersebut tidak hanya mengajarkannya tentang kepemimpinan, karakter dan manajemen, tapi juga mengajarkan arti penting kebersamaan dan kekeluargaan.

Karirnya melejit di Pramuka Unand, mulai dari koordinator bidang, ketua Orientasi, ketua acara tahunan FIESTA Unand 2015 sampai pada Pemangku Adat Putra Racana Putra-Putri Swarnadwipa. Allah memberi rezqi yang berlimpah padanya.

Ia diberi kesempatan berkegiatan dengan kakak pramuka se-Sumatera & Jawa di Bandar Lampung dan juga berkesempatan berlayar dengan kakak pramuka se-Indonesia menjelajahi lautan dan mengabdikan diri di pulau-pulau tertinggal dalam acara Pelayaran Lingkar Nusantara VI Tahun 2016. 

Selain karir di kepanduan ia juga mendapatkan beberapa prestasi dibidang religius, Ia dinobatkan sebagai Mentor terbaik dalam mentoring agama islam tahun 2014, pada tahun 2017 ia mampu menyelesaikan hafalan 1 juz dalam rangka Gerakan Cipta 100 Pemuda/i Hafizh Al-Qur’an Kota Bukittinggi Tahun 1438 H. Semoga Allah SWT memudahkan dia dalam menyelesaikan hafalan 30 juz, aamiin.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 185 times