Ridho Ilham

  • + Prodi: Ilmu Hukum 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Ridho Ilham merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Anak laki-laki dari pasangan Zulnasri dan Elfarina, lahir di Kota Bukittinggi pada tanggal 28 mei 1995. Ia dibesarkan di dua daerah berbeda, sejak kecil hingga tahun 2007 (12 tahun) tinggal di daerah Air Molek, kec. Pasir Penyu. Kab. Inhu, Provinsi Riau. Setelah 2007 hingga sekarang tinggal di Kota Bukittinggi dan melanjutkan studi di Provinsi Sumatera Barat. 

Orang-orang akrab menyapanya dengan panggilan Ridho. Memulai sekolah dasar di SDN 001 Air Molek. Melanjutkan studi di SMP Islam Al-Islah kota Bukittinggi dan menamatkan pendidikan menengah atas nya di SMAN 1 IV Koto Kab. Agam pada tahun 2013. Di tahun yang sama, ia ikut berpartisipasi dalam SBMPTN 2013 dan diterima di Fakultas Hukum Universitas Andalas. 

Pria yang dikenal pendiam dan kaku ini selama menduduki bangku persekolahan ketertarikannya terhadap organisasi tidak begitu kuat, terlihat dari tidak adanya kegiatan bahkan organisasi yang diminatinya. Namun begitu memasuki jenjang perguruan tinggi, rasa ingin menjajaki organisasi sangatlah tinggi. Bahkan termotivasi menjadi Presiden Mahasiswa. Hal ini terpicu dari lingkungan atau teman-teman dekatnya diasrama yang aktif untuk berorganisasi.

Laki-laki yang hobi fotografi dan main game ini, di tahun pertama kuliah di Universitas Andalas, memulai langkah nya untuk menjadi aktivis melalui organisasi divisi PSDM AMA 2013 dan menjadi anggota muda LAM&PK FHUA setelah lulus mental ideologi (MI) 18. Di tahun kedua, dari banyak nya macam organisasi di universitas, jatuhlah pilihan Pria ini ke UKM  Koperasi Mahasiswa Universitas Andalas (KOPMA UNAND) sebagai organisasi yang ingin Ia dalami dan kembangkan.

Selama di KOPMA UNAND, Dia aktif di setiap kegiatan dan acara yang dilaksanakan, setelah menempuh dan lulus Pendidikan Lanjut di KOPMA, selanjutnya ia diangkat menjadi staff Bidang Usaha kepengurusan tahun 2015/2016. Berdasarkan keputusan Rapat Anggota Tahunan 2016, Ridho resmi terpilih sebagai Ketua Umum KOPMA UNAND periode 2016/2017 melalui musyawarah dan mufakat yang dilaksanakan. setelah selesai menjabat sebagai Ketua Umum, Ia diamanahkan menjadi Ketua Badan Pengawas KOPMA UNAND periode 2017/2018. 3 posisi strategis telah mampu dicapai dalam waktu 3 tahun terakhir dikopma unand oleh pria yang berkepribadian introvert ini. 

Tidak hanya ditingkat universitas, penerima Beasiswa Pengembangan Prestasi Akademik (PPA) juga aktif di kegiatan organisasi eksternal. Ditahun 2017, ia dilantik menjadi pengurus BKPK DEKOPINWIL SUMBAR bidang Pengembangan Pemberdayaan dan Pembangunan Koperasi. Ridho juga merupakan salah satu inisiator dibentuknya forum komunikasi Kopma Sumbar. Ditahun yang sama, ridho mewakili Kopma Unand sekaligus kopma seSumatera Barat untuk berpartisipasi dalam MUNAS FKKMI di Yogyakarta. Ia juga berpartisipasi menjadi panitia pelaksana Jambore koperasi regional untuk pertama kali nya di Sumatera Barat tahun 2017. 

Berbagai macam pelatihan pun juga turut mewarnai perjalanannya sebagai mahasiswa seperti Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Fasilitator dan Pendamping KUMKM beserta Pemasyarakatan Kewirausahaan yang juga diadakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. Disamping itu, untuk mengasah kemampuan yang menjadi hobinya, tahun 2017 ridho ikut berpartisipasi dalam lomba fotografi “PESONA KAPUJAN” sekaligus mengembangkan pariwisata daerah tersebut di Kabupaten Solok, serta menjadi juara 2 lomba akustik dipoliteknik negeri padang tahun 2016.   

Karena keaktifannya berorganisasi, ia mendapatkan penghargaan sebagai Bintang Aktifis Kampus (BAK) pada Wisuda IV Unand tahun 2017. “Ucapan terimakasih yang sedalam-dalam nya untuk kopma unand, yang telah mengantarkan langkah saya menjadi pribadi yang tangguh, kritis, serta mengasah kemampuan saya untuk menjadi lebih baik lagi”- pesannya.

“Tidak ada batasan untuk berprestasi, selagi kita punya kesempatan, maka hapus lah keraguan dan rasa takut itu. Karena motivasi terbesar itu ada didalam diri kita sendiri”-tutupnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 293 times