Mardhi Wardiansyah

  • + Prodi: Ilmu Peternakan
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Mardhi Wardiansyah merupakan salah satu wisudawan terbaik di antara ribuan wisudawan/wisudawati di Universitas Andalas. Ia berhasil menjadi Bintang Aktivis Kampus (BAK) di Universitas Andalas bersama 15 orang yang luar biasa.

Mardhi Wardiansyah memiliki banyak panggilan akrab, Dian (Panggilan khusus di rumah karena semua anak orang tua bernama mardhi), Ucok (Panggilan sayang di UKM Pramuka Unand, pada hal beliau orang Jawa Tulen), Botak (Panggilan khusus dari konco Arek) dan Jangkrik (Panggilan di asrama SMK SPP N Asahan – Sumut), namun para sahabat sering menyapanya dengan nama Mardhi. 

Mardhi merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas angkatan 2013. Sebelumnya Mardhi menempuh pendidikan di SDN 028226 Binjai, SMP Tamansiswa Cab. Diski – Deli Serdang, SMK SPPN Asahan. Anak dari pasangan Drs. H. Marwoto dan Mistiah, S.Pd (Almh) ini berorganisasi di Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Andalas mulai dari 2013 hingga sekarang.

Mas Mardhi ini memiliki sifat pantang menyerah dan tidak pernah puas dengan pencapaian yang telah ia dapatkan, namun beliau selalu mengucapkan syukur dengan apa yang telah di capainya, baginya hasil yang didapatkan hari ini belum ada apa-apanya, harus lebih ditingkatkan usahanya. Sifat-sifat yang ia miliki sudah mulai terbentuk sejak kecil karena papa beliau adalah seorang anak dari TNI di era 70 an jadi jiwa militernya mengalir secara tidak langsung dan sifat lainnya terasah dengan aktifnya beliau di berbagai organisasi kepemudaan, organisasi sekolah/kampus, organisasi luar sekolah/kampus. 

Beberapa organisasi yang beliau perna rasakan pahit manisnya organisasi dan menduduki jabatan yang stategis di antaranya Persatuan Remaja Masjid Nurul Falah (Primnurfa), Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebagai Ketua, Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Binaan Polres Asahan – Sumatera Utara, Himpunan Mahasiswa Sumatera Utara Regional Padang (Himsu Padang), Volunteer Forum Indonesia Muda Regional Sumatera Barat (Fim Sumbar), Lembaga Kajian Ilmiah Fakultas Peternakan Universitas Andalas (LKIM Faterna UA) sebagai Koordinator Divisi Pendidikan dan Pelatihan dan Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Andalas (Pramuka Unand) sebagai Sekertaris Putera Masa Bakti 2016.

Salah satu pengalaman yang bisa memotivasi kita bersama adalah saat beliau bergabung di Unit Kegiatan Pramuka Unand dengan aktiftas kegiatan di pramuka unand yang sangat padat baik diskusi, rapat, berkegiatan dan mengisi materi pelatihan. Walau demikian ia tetap bisa membagi waktu antara akademik dan organisasi karenanya baginya kuliah adalah tujuan utama dan organisasi tidak diduakan dengan arti kedua unsur ini saling berdampingan.

Pada tahun 2015 merupakan tahun terpadat dalam karir kuliah dan organisasinya, beliau mewakili Pramuka Unand sebagai ketua tim bersama 4 kakak-kakak tangguh yaitu Kak Dina Rahmayanti, Kak Siti Marfuah, Kak Gilang Arya Liza dan Kak Ahmad Ariadi  berhasil lolos seleksi Program Hibah Bina Desa, Kemenristek Dikti (PHBD DIKTI)dan berhak mendapatkan uang hibah sebesar Rp. 40.000.000 untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di daerah Bukit Batabuah, Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. 

Masa itu juga Prestasi akademik beliau sangat bagus dengan berhasil meraih 24 SKS. Dapat kita banyangkan  bagaimana menjalankan akademisi di eksakta yang selalu ke kelas, laboratutium, laporan dan kegiatan tambahan Pengabdian Masyarakat.

Dalam menjalankan PHBD DIKTI ia tetap semangat menjalankan aktiftasnya dalam menjalankan aktifitasnya dengan segala resiko baik tenaga dan pikiran. Alhamdulliah pada masa itu Dewan Racana Masa Bakti 2015 terus memotivasi beliau untuk selalu memberikan yang terbaik dan menjaga kesehatan. Proses pengabdian masyarakat dengan melakukan pengolahan gulo saka dan hasil olahan gulo saka di lakukan hingga akhir tahun. Kata-kata bijak yang biasa kita dengan Hasil tidak mengkhianati proses itu yang pantas di ucapkan karena hingga sekarang desa binaan tersebut telah mampu mandiri dan sudah bekerjasama dengan salah satu perusahaan di Jakarta Pusat.

Pengalaman yang beliau asah dari membuatnya berhasil meraih beberapa prestasi baik di tingkat sekolah/kampus hingga Nasional. Beberapa prestasi bergengsi yang perna ia raih, Juara Umum Siswa Berprestasi dua tahun berturut-turut tahun 2008 – 2009, Juara II Lomba Pidato Sastra dalam Pekan Pelajar Taman Siswa (POPTAS) se-Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan aceh Aceh tahun 2009, Juara III Lomba Merakit Lampu LED se-Kota Medan tahun 2010, Delegasi Siswa Bela Negara mewakili Kabupaten Asahan di Kopaskhas Medan tahun 2012, Delegasi Peserta Gelar Invormasi dan Teknologi (GIT) tingkat Nasional di Mataram - NTBtahun 2012, Peraih Dana Hibah Rp 40.000.000 dari Program Hibah Bina Desa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) tahun 2015, Mahasiswa berprestasi non akademik tingkat Nasional tahun 2015 dan Lolos Seleksi Pendanaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat sebesar Rp. 10.000.000 tahun 2017.

Meskipun beliau tamat dengan IPK 3,36 masa studi 3 tahun 10 bulan dan deretan prestasi yang di perolehnya bukan berarti beliau merasa besar kepala, Darah Jawa yang sangat kental membuatnya tetap rendah hati ibaratkan pepatah padi “semakin berisi semakin merunduk” meskipun terkadang ada saja orang – orang yang ingin menjatuhkannya, beliau selalu berkata itu hanyalah proses hidup kita hanya di minta untuk bersabar dan berserah diri, yang Kuasalah yang nantinya menghendaki yang terbaik.

Ucapan syukur dan terimakasih tentunya beliau sampaikan terhadap Yang Maha Esa, Kedua Orangtua, keluarga, sahabat dan rekan-rekan yang terus berjuang untuk kejayaan bangsa.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 158 times