Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

Firstka Julliani Putri

  • + Prodi: Kesehatan Masyarakat 
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2013

Menjadi mahasiswa lulusan terbaik Fakultas Kesehatan Masyarakat di wisuda I UNAND I tahun 2018 merupakan sesuatu pencapaian  yang sangat ia syukuri. Hal ini tidak pernah sedikitpun terbayangkan dipikirannya ditambah perjuangan penyelesaian tugas akhir yang cukup sulit kadang membuatnya kadang ingin menyerah. 

Tapi berkat doa dan dukungan  orangtua, ia bisa menyelesaikan empat tahun pendidikannya di FKM Unand dengan baik. Ungkapan yang menyatakan usaha yang tidak pernah menghianati hasil memang benar adanya, berusaha sebaik mungkin disetiap aktivitas diiringi dengan keyakinan dan doa yang selalu dipanjatkan kepada yang Maha Kuasa merupakan hal yang harus dilakukan dihidup yang penuh dengan ketidakpastian ini.

Biasa dipanggil dengan Ika, lahir di Bukittinggi, 10 Januari 1995 merupakan anak sulung dari tiga bersaudara berasal dari keluarga yang sederhana dan merupakan putri dari pasangan Desjulmar dan Dasyelli. 

Sebagai anak pertama yang memiliki jarak umur yang cukup jauh dengan kedua adiknya menjadi suatu tanggung jawab tersendiri, selain menjadi kebanggaan untuk kedua orangtua,  anak pertama juga menuntut saya untuk menjadi teladan bagi kedua adiknya.

Ia menyelesaikan pendidikan di Kota kecil nan asri, Kota Batusangkar dimulai dengan menempuh jenjang pendidikan Sekolah Dasar di SDN 23 Kampung Baru Batusangkar, SMPN 5 Batusangkar dan SMA 1 Batusangkar. Masa sekolahnya selesaikan dengan baik dengan selalu mendapatkan peringkat juara di tiap jenjang pendidikan. 

Selain berprestasi di dalam kelas juga kerap dipercaya menjadi perwakilan sekolah dalam kejuaraan Olimpiade terutama Olimpiade Biologi serta Debat Bahasa Inggris. 

Jika ditanya tentang cita-citanya ia selalu menjawabnya dengan tidak pasti karena dirinya masih ragu dalam mencari jati diri dan bayangan yang selalu tidak jelas tentang kehidupan ketika dewasa. 

Tapi karena kesukaannya mempelajari biologi membuat ingin lebih mendalami ilmu biologi ataupun kedokteran. Sebenarnya, satu kalipun tidak pernah terbayangkan untuk berkuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat ini. 

Tapi, tidak ada satu orangpun bisa memastikan masa depan mereka sendiri, begitu pula dengan bangku kuliah. Berkat izin Allah dan doa orangtua, diterima di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang kala itu menjadi pilihan kedua setelah Fakultas Kedokteran melalui jalur undangan.

Berkuliah di jurusan yang awalnya kamu tidak bayangkan menurutnya memang sulit. Tapi hanya Alllah SWT yang bisa membolak-balikan hati manusia, yang awalnya tidak begitu tertarik dengan jurusan ini lambat laun bisa membuka pikirannya bahwa jurusan ini merupakan sesuatu yang sangat menarik karena disini membicarakan masalah kesehatan dari sudut pandang yang luas dan berbeda. 

Lingkungan serta suasana yang baik di Fakultas Kesehatan Masyarakat membuatnya yakin bahwa Allah mempercayai sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat yang nantinya mampu memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat Indonesia.

Selain mengikuti kegiatan akademik juga aktif dalam organisasi baik di Fakultas Masyarakat maupun tingkat Nasional. Ia menjadi bagian dari UKPM Jurnalistik Pena Fakultas Kesehatan Masyarakat pada bidang Publikasi dan Dokumentasi dan beberapa kali ditunjuk sebagai koordinator dari kegiatan yang dilaksanakan oleh UKPM ini. 

Selain itu, ia juga bergabung dengan Public Health Choir yang menjembatani dalam menyalurkan bakatnya dalam menyanyi. Ia juga bergabung dalam kepengurusan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) yang memberikan kesempatan untuk bertemu orang-orang hebat dari berbagai Fakultas Kesehatan Masyarakat seluruh Indonesia dalam meningkatkan awareness terhadap isu kesehatan masyarakat, saat itu ia dipercaya menjadi bagian dari bidang Publikasi dan Dokumentasi untuk wilayah I dengan cakupan wilayah Sumatera, Kepulauan Riau, dan Bangka Belitung.

Ditahun akhir perkuliahannya, Alhamdulillah bisa menyelesaikan skripsi dan meraih sarjana kesehatan masyarakat, dengan hasil yang memuaskan yaitu nilai A pada mata kuliah skripsi 14 November 2017.

Ia sangat bersyukur dengan segala yang telah diperoleh hingga detik ini yang selalu percaya jika kamu memberikan terbaik terhadap segala di kerjakan Insyaalah hasilnya akan mengikuti kerja kerasmu dalam berusaha. 

Selain itu, apa yang diperoleh hingga saat ini tidak terlepas dari pengorbanan dan dukungan keluarga serta izin yang diberikan oleh Allah SWT.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1047 times
More in this category: « M Arief Dessy Nelti Can »