Informasi Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri Universitas Andalas melalui Jalur SMMPTN Barat dan PMB D3 dan Intake D3 Fakultas Ekonomi  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

Z.A. Prima Putri

  • + Prodi: Kesehatan Masyarakat
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2014

Z.A. Prima Putri, yang akrab disapa Prima adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas angkatan 2014. Prima dilahirkan di Tiku Kabupaten Agam pada tanggal 12 Agustus 1996.  

Prima memiliki 6 orang saudara laki-laki. Terlahir sebagai anak perempuan satu-satunya dari bapak Zulkarnaini dan ibu Animar, S.Pd yang berprofesi sebagai purnawirawan TNI AD dan guru menjadikan Prima memiliki pribadi yang kuat, tekun, mandiri, bertanggung jawab dan pantang menyerah dalam mewujudkan impiannya.

Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diperolehnya sebagai lulusan terbaik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas pada wisuda periode II tahun 2018. 

Prima telah menempuh pendidikan di TK Mutiara Ibu Kecamatan Tanjung Mutiara (2001-2002), SDN 20 Pasar Tiku (2002-2008), MTsN Tiku (2008-2011), SMAN 1 Tanjung Mutiara (2011), SMAN 1 Pariaman (2011-2014), sebelum dirinya diterima sebagai Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas melalui jalur SNMPTN.

Selama menempuh pendidikan S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Prima mengikuti beragam kegiatan seperti pelatihan, perlombaan maupun organisasi. Salah satu pelatihan yang pernah diikuti adalah National Training dengan tema “Personality Plus Training”. 

Prima juga mengikuti berbagai macam perlombaan selama menjadi mahasiswa seperti Speech Contest FRESH 8th Nasional FKM Universitas Andalas, Debat Kandungan Al-Qur’an B.inggris MTQ-MN Universitas Andalas, lomba menulis artikel bulan Mutu dan K3 Nasional PT. Semen Padang, lomba Debat B.inggris NUDC (National University Debate Competition) Universitas Andalas, seleksi program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Sumatera Barat dan mengikuti pemilihan duta wisata Cik Uniang dan Cik Ajo Kabupaten Padang Pariaman. 

Selama mengikuti perlombaan tersebut prima berhasil memperoleh prestasi yaitu juara 1 Speech Contest FRESH 8th , juara 2 Debat Kandungan Al-Qur’an B.inggris MTQ-MN Universitas Andalas, serta terpilih sebagai Duta Wisata Cik Uniang Kabupaten Padang Pariaman dan Cik Uniang ter-favorite tahun 2018.

Prima tak hanya aktif dibidang akademik namun juga aktif dalam bidang non akademik. Organisasi yang pernah diikuti diantaranya AIESEC Universitas Andalas sebagai StafIncoming Exchange Global Community Developtment Program (ICX GCDP) tahun 2014/2015, Anggota Bidang Kajian Strategi (Kastrat) Pra-Hima FKM Universitas Andalas Periode 2015/2016/2017, Staf Departemen Istimewa Annisa (DIA) UKMF Al-kahfi PH BEM KM FKM Universitas Andalas Periode 2015/2016, English ClubFKM Univesitas Andalas selama 3 tahun berturut-turut pada tahun 2015/2016/2017 yang menjabat sebagai Head of External Relation, Secretary, dan President of English Club serta tergabung dalam Ikatan Cik uniang & Cik ajo Kabupaten Padang Pariaman. 

Selain itu, ia juga aktif dalam berbagai kepanitian yang ada di kampus, hal ini dibuktikan dengan keikutsertaannya dalam berbagai kegiatan baik skala regional, nasional maupun internasional. Prima pernah menjadi bagian dari kepanitian sebagai anggota, koordinator acara serta bidang publikasi dan dokumentasi. 

Dirinya juga pernah menjadi partisipan dalam berbagai kegiatan seperti menjadipengisi acara dan MC formal/non formal bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kagiatan menjadi seorang MC yang pernah ia lakukan yaitu menjadi MC Wisuda Fakultas, MC Seminar, MC International Conference, dan berbagai macam MC perlombaan. 

Semua hal tersebut Prima jalani karena ia adalah seorang mahasiswa yang selalu ingin mengembangkan potensi, minat dan bakat yang dimiliki. Motivasi yang selalu menjadikan Prima untuk dapat memaksimalkan potensi dan mengaktualisasikan dirinya adalah ia selalu berfikir bahwa seorang mahasiswa jika mendapat nilai bagus karena selalu belajar maka hal tersebut adalah  hal yang wajar. 

Tetapi ketika mampu menjadi seorang mahasiswa dengan segudang prestasi, nilai akademik yang bagus dan aktif dalam berbagai organisasi itu baru luar biasa. Maka Prima berusaha untuk tidak hanya menjadi orang biasa. Tanpa mengesampingkan akademik, Prima mencoba untuk selalu mengembangkan diri dan mengukir prestasi.

Humas dan Protokol Unand

 

 

Read 199 times