Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Sambutan Rektor Universitas Andalas

Selamat datang !

 

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas terselesaikannya pembuatan website baru Universitas Andalas. Website baru ini dikembangkan dalam rangka memberikan wahana yang lebih baik bagi diseminasi kegiatan, peristiwa, prestasi, dan berbagai informasi tentang Universitas Andalas. 

Website baru ini diharapkan menjadi simbol yang merefleksikan semangat civitas academica untuk mewujudkan cita-cita menuju Universitas Terkemuka dan Bermartabat. Cita-cita tersebut merupakan keinginan seluruh insan Universitas Andalas yang tentunya diraih dengan upaya dan tekad yang kuat dari semua stakeholder dengan memperhatikan aspek-aspek kualitas, efektifitas dan efesiensi. Sebagai institusi pendidikan tinggi, Universitas Andalas menjalankan peran dan fungsi dari proses bisnisnya yang mengcakup tiga hal yang berkaitan, yaitu Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan peran dan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi tersebut diharapkan dapat membantu memberikan solusi dalam memecahkan permasalahan bangsa.

Sebagai perguruan tinggi yang tertua di luar pulau Jawa, Universitas Andalas memiliki banyak tantangan dan peluang dalam menjalankan aktifitasnya. Tantangann dan peluang tersebut semakin kita rasakan dalam era globalisasi ini, terutama dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asian (MEA). Seluruh keluarga besar Unand harus tanggap dengan berbagai kondisi internal dan dinamika eksternal yang akan mempengaruhi gerak langkah ke depan. Untuk itu, keluarga besar Unand dituntut selalu mengedepankan sikap proaktif dan kolegial dalam menjalankan program prioritas dalam rangka meningkatkan eksistensinya di era persaingan global. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan selalu dilakukan dari waktu ke waktu. Hal ini sudah menjadi persyaratan untuk memenuhi kelayakan standar mutu institusi pendidikan baik secara nasional maupun internasional, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi terhadap pengakuan atas hasil penilaian terhadap lembaga pendidikan tinggi.

Universitas Andalas memiliki potensi dan peluang cukup besar menjadi yang terbaik dalam menjalankan peran Tridharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, peningkatan yang berkelanjutan (continuous improvement) harus dilakukan secara berkesinambungan dengan tetap berlandaskan pada prinsip-prinsip Good University Governance (GUG) dengan mengedepankan aspek transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab, independensi, dan keadilan. GUG menjadi azas yang dipedomani oleh seluruh stakeholder dalam rangka perwujudan tata kelola yang baik bagi sebuah perguruan tinggi.

Selamat menikmati website Universitas Andalas ini. Semoga website ini dapat menjadi jembatan yang baik bagi Unand dengan seluruh lapisan masyarakat.

 

Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Prof. Tafdil Husni, SE., MBA., PhD.