Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Gelombang II, akan di umukan sabtu 24 Juli 2021, mulai jam 15.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

Momentum Peringatan Hari Pahlawan Unand Tingkatkan Persatuan

12 November 2015

Sivitas akademika Unand melaksanakan upacara memperingati Hari Pahlawan padaSelasa, 10 November 2015 di Lapangan Upacara Bumi Perkemahan Pramuka dan Tempat Evakuasi Sementara Bencana Alam Kampus Unand Limau Manis.

Meskipun hujan, tidak mengurangi semangat dan khidmatnya pelaksanaan upacara yang diikuti oleh Pimpinan, Pejabat Struktural, Tenaga Kependidikan, Dosen, serta Perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa di Lingkungan Unand. Bertindak sebagai pembina Upacara Rektor Unand Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE.MA.

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema “ Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku “. Makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Amanat Khofifah Indar Parawansa  selaku Menteri Sosial Republik Indonesia disampaikan oleh Rektor Unand Prof. Dr. Werry Darta Taifur SE.MA. Dalam amanatnya disampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga sebagai momentum dalam rangka  menumbuhkembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.

Oleh karena itu, nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman.  Untuk itu, penyelenggaraan peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi penting, karena dapat digunakan sebagai barometer tentang seberapa kuat keyakinan terhadap nilai-nilai keuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu juga sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan atas  perjuangan untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga tetap utuhnya negara kesatuan Republik Indonesia.

Saat ini, bangsa Indonesia masih menghadapi masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan produktivitas bangsa.  Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan sebagainya. Keadaan ini jauh dari apa yang di cita-citakan dan perjuangan oleh para pendiri bangsa yang telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada rakyatnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unand Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE.MA  juga menyampaikan bahwa pembangunan di Unand ini juga termasuk suatu perjuangan untuk menjadi lebih baik. Rektor berharap ke depan Unand akan semakin menjadi lebih maju dan menjadi suatu landasan pendidikan yang berkarakter. Rektor juga menghimbau melalui peringatan hari pahlawan ini agar segenap civitas akademika Unand terus menjaga semangatpersatuan dan kesatuan untuk menjadikan Unand semakin lebih baik. Karena menurut Rektor dengan semangat persatuan tersebut, seluruh warga Unand akan saling bahu membahu untuk meningkatkan kualitas Unand menjadi lebih baik dimasa yang akan datang dengan mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
 

Humas dan Protokol Unand
                       
 
 

Read 2843 times