Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Gelombang II, akan di umukan sabtu 24 Juli 2021, mulai jam 15.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

Metoda Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Unand Menjadi Pedoman Anggota APUCEN

13 November 2015

Setelah berjalan dua tahun diperjuangkan, akhirnya Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unand disepakati untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Sekretariat Asia-Pacific Comunity Enggament Network (APUCEN), yaitu organisasi perguruan tinggi Asia Pacific tinggi yang melaksanakan pengabdian masyarakat (service learning). Salah satu aspek yang menjadi utama perhatian APUCEN adalah pengabdian masyarakat.

Keputusan untuk menterjemahkan buku tentang dan petunjuk KKN tersebut ditetapkan pada pertemuan Regional Meeting APUCEN di Gold Cost, Queensland, Australia, pada tanggal 3-5 November 2015. Delagasi Unand pada pertemuan ini langsung dipimpin oleh Rektor Unand, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE.MA. Turut dalam delagasi ini Dr Zainul Daulay SH.MH, (Dekan Fakultas Hukum), Dr. Ir. Ferri Arlius, M.Sc, inisiator yang membawa konsep KKN dalam jaringan APUCEN.

Menurut Rektor Unand, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE. MA., langkah untuk membawa konsep KKN Unand ke tingkat Asia Pacific adalah salah satu kegiatan program internasionalisasi Unand. Oleh sebab itu Rektor mendukung penuh keterlibatan Unand dalam kegiatan APUCEN.

Pada tahun 2013, Unand menjadi tuan rumah konferensi internasional University Community engagement dan Council Meeting of APUCEN. Kemudian pada tahun 2014, Rektor Unand mempresentasikan metoda pelaksanaan, manfaat bagi mahasiswa, perguruan tinggi, desa lokasi KKN dan pemerintah daerah.

Pada Council Meeting ke VI di USM, Pulau Penang, Malaysia.Rektor Unand dengan sistem voting waktu itu, terpilih menjadi salah satu dari 14 anggota APUCEN Council.

Pada tahu 2015, Dr Ferry Arlius diutus mewakili Rektor pada pertemuan APUCEN di Chiangmay. Dalam pertemuan ini Unand diminta untuk mempersiapkan dokumen dan petunjuk pelaksanaan KKN Unand yang siap diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris jika telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Sekretariat APUCEN.

Akhirnya, perjuangan Unand untuk membawa konsep KKN Unand ke tingkat internasional membawa hasil yang sangat menguntungkan Unand. Sepanjang sepengetahuan Rektor, baru tahun ini konsep KKN Unand diterima secara internasional.

Selain itu, Rektor Unand juga mempresentasikan kesiapan Unand tahun 2016 menjadi tuan rumah pelaksanaan KKN yang melibatkan mahasiswa dari perguruan tinggi jaringan APUCEN.

Rektor mengucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah SWT dan terima kasih kepada Dr Ferry Arlius M.Sc dan Badan Pengelola KKN Unand sebagai inisiator untuk memperkenalkan secara konsisten konsep KKN Unand di forum APUCEN semenjak tahun 2012 dan akhirnya disetujui pedoman (guidance) KKN Unand diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan akan menjadi salah satu rujukan anggota APUCEN.

Sekretariat Rektor

 

 

 

Read 2818 times