Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Gelombang II, akan di umukan sabtu 24 Juli 2021, mulai jam 15.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

Peringatan Lustrum III Fakultas Kesehatan Masyarakat

14 November 2015

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas memperingati hari jadinya yang ke 15 tahun dengan menyelenggarakan Rapat Senat Terbuka dan Lustrum III pada Rabu, 11 November 2015 di Convention Hall Unand Kampus Limau Manis.

Acara ini diikuti oleh segenap sivitas akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat, Ketua Senat dan anggota senat Fakultas Kesehatan Masyarakat, Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas, dan Kabiro di lingkungan Unand, dosen dan tenaga kependidikan, Ketua BEM dan DPM, Ketua UKF, Ketua HIMA dan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat serta undangan lainnya.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Prof. dr. Nur Indrawaty Lipoeto, M.Sc, P.hD, SpGK mengatakan bahwa pada Bulan November, tepatnya tanggal 30 November 2015, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas genap 15 tahun. Fakultas ini merupakan pengembangan dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, yang merupakan salah satu dari lima prodi yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Atas keberhasilan Fakultas Kedokteran mengembangkan dan melahirkan Fakultas Kesehatan Masyarakat, melalui kesempatan ini mewakili keluarga besar Fakultas Kesehatan Masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap keluarga besar Fakultas Kedokteran Unand, karena tanpa kesediaan dan kerjasama Fakultas Kedokteran, tidak mungkin Fakultas Kesehatan Masyarakat berdiri sampai seperti saat ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada senat Universitas Andalas yang telah ikut mengevaluasi, memberi pertimbangan dan persetujuan dalam pendirian Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Lebih lanjut Prof. Indarawaty menjelaskan sesuai dengan visi Unand, maka Fakultas Kesehatan Masyarakat juga menetapkan visinya yaitu menjadi institusi pendidikan tinggi Ilmu Kesehatan Masyarakat yang terkemuka dan bermartabat terutama dalam bidang manajemen bencana di wilayah regional Sumatera tahun 2018. Seiring dengan itu telah dijabarkan pula misi Fakultas Kesehatan Masyarakat supaya unggul (terkemuka) dibidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta telah disosialisasikan berbagai kegiatan. Untuk pencapaian misi tersebut telah disusun program yang difokuskan kepada penyempurnaan kurikulum dan PBM, pengembangan kualitas dosen dan tenaga kependidikan, peningkatan kompetensi mahasiswa, peningkatan sarana dan prasarana serta pengembangan program dan kerjasama.

Prof. Indrawaty juga menjelaskan tentang sejarah berdiri dan berkembangnya Fakultas Kesehatan Masyarakat hingga capaiannya seperti sekarang ini. Prof. Indrawaty juga berharap semoga Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas dapat berkembang mengikuti perkembangan kemajuan ilmu dan teknologi dibidang kesehatan masyarakat, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing dalam lapangan kerja.

Sementara itu, Rektor Unand, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA atas nama keluarga besar Universitas Andalas mengucapkan selamat merayakan dan memperingati hari kelahiran ke- 15 tahun atau lustrum III Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas, semoga Fakultas Kesehatan Masyarakat bersama  semua sivitas akademika semakin berprestasi dan semakin besar kontribusinya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan kesehatan masyarakat dan derajat kesehatan masyarakat di Sumatera Barat yang masih di bawah rata-rata nasional dan tidak lupa  mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala prestasi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand seperti yang telah disampaikan oleh Prof. dr. Nur Indrawaty Lipoeto, M.Sc, P.hD, SpGK. Semua prestasi tersebut tentu tidak lepas dari kerja keras pimpinan dan dukungan semua pihak yang selalu berfikir dan bertindak untuk memajukan fakultas ini.

Rektor meyakinisivitas akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat tidak puas dengan hasil dan kinerja yang telah dicapai selama ini. Kita harus terus bekerja keras untuk mencapai kinerja yang lebih baik lagi, sehingga fakultas yang menjadi salah satu kebanggaan Unand dan masyarakat Sumatera Barat ini lebih berperan dalam memajukan bidang ilmu kesehatan masyarakat dan reputasinya semakin diperhitungkan di gelanggang nasional dan internasional. Oleh sebab itu, selain mengemukakan prestasi yang telah dicapai, yang lebih penting lagi adalah mengintrospeksi diri atas segala kelemahan yang ada dan mencari jalan keluar dari kelemahan tersebut secara sistematis, tepat sasaran dan tepat waktu agar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand yang sudah besar menjadi lebih besar.

Pada kesempatan yang berbahagia tersebut Rektor menyampaikan beberapa harapan ke depan untuk menjadi perhatian pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat.Pertama,  meskipun Fakultas Kesehatan Masyarakat belum menempati kampus permanen seperti fakultas lain di lingkungan Universitas Andalas, harus tetap bersemangat untuk memajukan fakultas melebihi fakultas lain di lingkungan Unand. Tahun ini Rektor telah mengusulkan dan menjadi prioritas utama untuk pembangunan infrastruktur Unand tahun 2016. Perencanaan akademik dan pengembangan infrastruktur kampus yang detail dekanat  telah dapat dituntaskan oleh FKM pada tahun 2015. Lokasi pembangunan dekanat telah kita tentukan pada hari Selasa bersejarah setelah sholat subuh berjemaah pada tanggal 24 Februari 2015. Pada hari itu Ibu Dekan memberi taushia kepada mahasiswa baru. Tentu kita berharap persetujuan yang kita lakukan setelah subuh tersebut mendapat berkah dan kemudah untuk melaksanakan dari semua rencana pembangunan dekanat Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Kedua, Rektor menyampaikan rasa bangga dengan kegiatan ilmiah dan akademik yang dibangun oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat yang berkembang setelah menjadi fakultas baru. Kegiatan seminar yang berskala internasional dan nasional telah sering dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat. Tentu ini akan menjadi prestasi dan menciptakan reputasi tersendiri bagi Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Ketiga, Fakultas Kesehatan Masyarakat masih perlu bekerja keras untuk meningkatkan reputasi akademik, non akademik dosen dan mahasiswa. Suka atau tidak suka akreditasi institusi menjadi ukuran yang selalu diperhatikan oleh masyarakat. Oleh sebab itu Fakultas Kesehatan Masyarakat harus memperhatikan reakreditasi.Keempat, publikasi dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat di jurnal internasional dan penelitian yang beroriantasi inovasi agar diupayakan maksimal dengan insentif yang disediakan pimpinan secara bijakasana seperti yang ditempuh oleh fakultas lain di lingkungan Unand.

Kelima, mahasiswa harus berprestasi ditingkat nasional dan internasional. Reputasi Unand yang sudah mendapat akreditasi A dan peringkat 12 perguruan tinggi top Indonesia tidak akan banyak bergerak jika mahasiswa berprestasi. Oleh sebab itu tidak ada pilihan bagi mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat di nasional dan internasional. Keenam, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Unand relatif rendah dibandingkan dengan keperluan. Oleh sebab itu terus menghimbau kepada manajamen dan semua kita untuk mengalokasikan secara efektif, merujuk untuk kepentingan fakultas dan peningkatan kualitas proses belajar dan mengajar untuk kepentingan mahasiswa.

Ketujuh, Rektor ingin menyadarkan kita semua bahwa Unand masih banyak kekurangan, persoalan dan keterbatasan finansial. Untuk menyelesaikan semua masalah tersebut kita harus merapatkan barisan, menghilangkan kepentingan kelompok atau tertentu untuk mencapai kepentingan yang lebih besar. Oleh sebab itu Rektor mengajak semua pihak untuk menghilangkan perbedaan-perbedaan yang dapat merusak silaturahim dan mari kita perkuat kesamaan-kesamaan untuk menguatkan tenaga dan membangun energi baru untuk membesarkan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Universitas Andalas.

Secara khusus Rektor menyampaikan penghargaan, apresiasi kepada Ibu Dekan dan keluarga besar Fakultas Kesehatan Masyarakat yang telah memberi kesempatan untuk menyampaikan sambutan untuk terakhir kalinya sebagai Rektor Unand dimana sebetulnya acara lustrum ini baru akan dilaksanakan tanggal 30 November 2015 namun dimajukan pelaksanaannya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyampaian orasi ilmiah oleh Dr. Helmizar, SKM, M.Biomed dengan judul Implementasi Gizi dan Stimulasi Psikososial Manjujai Dalam 1.000 hari Pertama Kehidupan Anak Usia Dini. Usia penyampaian orasi ilmiah juga diumumkan pemilihan dosen dan tenaga kependidikan berprestasi. Selain itu juga di sampaikan pemenang lomba dari rangkaian kegiatan perlombaan yang telah dilaksanakan oleh panitia dalam rangka memeriahkan Lustrum III Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Usai rapat senat terbuka dan Lustrum III, juga dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat yang berlokasi di depan gedung Fakultas Keperawatan. Peletakan batu pertama ini dan pembukaan papan selubung dihadiri langsung oleh Rektor Unand serta undangan lainnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 3560 times