Universitas Andalas - Digital Financial Literacy 2021  KLIK untuk lihat Live Streaming
Toggle Bar

Teliti Tentang Pegagan, Unand Luluskan Dra. Zaharanis, M.Si Sebagai Doktor Ilmu Pertanian

02 Februari 2016

Program Pascasarjana Universitas Andalas kembali meluluskan doktor pada Ujian Terbuka Program Doktor atas nama Dra. Zaharanis, M.Si pada Selasa 02 Februari 2016 di Aula Pascasarjana lantai III Kampus Unand Limau Manis Padang. Acara ini dibuka  oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt dan dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana Prof. Rudi Febriamansyah, M. Sc.

 

Penyampaian Disertasi oleh Promovenda, Dra. Zaharanis, M.Si yang berjudul “Produksi Asiatikosida Melalui Kultur Akar Rambut Pegagan (Centella Asiatica (L)  Urban Dengan Penambahan Elisitor Kitosan dan Derivatnya” dihadapan tim penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc dan Prof. Dr. Dedi Prima Putra. Promovenda merupakan salah satu Dosen Universitas Taman Siswa Padang yang mengambil Program Studi Ilmu Pertanian (Pemusatan Biologi) serta dibimbing oleh Prof. Mansyurdin, MS, Prof. Amri Bachtiar, MS DESS dan Dr. Zozy Aneloi Noli, MP.

 

Dalam  penyampaian disertasinya promovenda menjelaskan bahwa penelitian ini mengenai induksi akar rambut C. asiatica menggunakan berbagai sumber eksplan dengan A. rhizogenes dalam upaya produksi triterpenoid secara in vitro. Centella asiatica (pegagan) merupakan tanaman platma nutfah obat yang perlu dibudidayakan karena kebutuhan bahan baku untuk digunakan sebagai bahan obat. Tanaman ini di kenal sebagai makanan otak, manfaat dari tanaman ini sebagai penyembuh luka, radang, reumatik, asma, wasir, tubercolosis, lepra, disentri dan demam. Sedangkan di Australia digunakan sebagai bahan baku obat yang bermanfaat antipikun dan antistres. Penelitian ini dilakukan dari bulan November 2012 sampai Desember 2014 yang bertempat di Labotorium Fisiologi Tumbuhan dan Kultur Jaringan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas. 

Promovenda menyampaikan pegagan merupakan tanaman yang mengandung asiatikosida yang berguna untuk bahan baku obat. Salah satu teknik untuk meningkatkan senyawa asiatikosida melalui kultur akar rambut adalah penambahan elisitor. Salah satu elisitor yang tergolong efektif meningkatkan produksi metabolit  sekunder pada tanaman lainnnya yaitu kitosan dan derivatnya. Untuk meningkatkan derivatnya dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut 1) Galur A. rhizogenes manakah yang dapat menginduksi pembentukan akar rambut pada tanaman C. asiatica, 2) Sumber eksplan manakah yang terbaik digunakan untuk pembentukan akar rambut pada tanaman C. asiatica , 3) Konsentrasi manakah yang optimum untuk pertumbuhan akar rambut pada tanaman C. asiatica, 4) Apakah dengan menambahkan beberapa konsentrasi kitosan dan berbagai jenis derivat kitosan dapat meningkatkan kandungan asiatikosida pada kultur akar rambut pegagan hasil transformasi  A. rhizogenes. 

Lebih lanjut promovenda menyebutkan tujuan penilitian ini adalah 1)  Mendapatkan galur A. rhizogenes yang terbaik untuk induksi akar rambut C. asiatica, 2) Mendapatkan sumber eksplan terbaik untuk menginduksi akar rambut C. asiatica  3) Mendapatkan pengaruh penambahan konsentrasi kitosan dan derivatnya terhadap berat basah akar rambut pegagan 4) Mendapatkan pengaruh penambahan kosentrasi kitosan dan derivatnya terhadap kandungan asiatikosida akar rambut pegagan. Sedangkan tahapan dari penilitian ini terdiri dari dua tahap yaitu : Tahap I. Induksi akar rambut pegagan menggunakan beberapa galur Agrobacterium rhizogenes dengan beberapa sumber eksplan. Tahap II Pengaruh elisitasi terhadap produksi asiatikosida pada akar rambut pegagan setelah ditransformasi dengan A. rhizogenes.

Diakhir paparannya promovenda menyampaikan manfaat dari penilitian ini di antaranya 1) untuk memberikan informasi ilmiah tentang produksi metabolit sekunder melalui teknikk kultur akar rambut. 2) memberikan metode dalam upayah peningkatan produksi asiatikosida pegangan melalui kultur akar rambut.

 

Sementara itu, Wakil Rektor I Unand, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt mengucapkan selamat kepada Dra. Zaharanis, M.Si atas capain meraih gelar doktor. Semoga apa yang telah dicapai dapat diaplikasikan dalam kehidupan dan bidang kerja digeluti. Selain itu, juga memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan publikasi ilmiah sesuai dengan bidang keahliannya.

Wakil Rektor I juga berharap agar mahasiswa doktor lebih cepat menyelesaikan masa studi karena akan ada peraturan terbaru untuk membatasi masa studi program doktor. Disamping itu Wakil Rektor I menginginkan dosen lebih aktif dalam publikasi baik itu di jurnal nasional maupun di international.  Pihak kampus akan memfasilitasi dalam memberikan bantuan baik itu dalam bentuk cost maupun dalam bentuk sarana-prasarana penunjang.

Hasil dari rapat tim penguji dan pembimbing memutuskan Dra. Zahanis, MSi lulus dan berhak menyandang gelar doktor di bidang Ilmu Pertanian Pemusatan Ilmu Biologi dengan predikat sangat memuaskan.

Humas dan Protokol Unand

Read 2009 times