Universitas Andalas - Digital Financial Literacy 2021  KLIK untuk lihat Live Streaming
Toggle Bar

Malam Penganugerahan Dan Penutupan Pekan Andalas 2016

09 Februari 2016

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM UNAND) melaksanakan penutupan Pekan Andalas 2016 sekaligus Malam Penganugerahan Unand Award pada Minggu, 7 Februari 2016 yang lalu di Convention Hall Universitas Andalas Kampus Unand Limau Manis Padang. Acara ini merupakan agenda tahunan BEM KM Unand yang bertujuan merangkul semua organisasi mahasiswa di lingkungan Universitas Andalas.

Malam penganugerahan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Andalas, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Presiden Mahasiswa BEM seluruh Kota Padang, Peserta Pekan Andalas, dan mahasiswa Univesitas Andalas. Acara ini resmi ditutup oleh Prof. Dr. Ir. Hermansah, M.S, M.Sc. Rangkaian kegiatan penutupan Pekan Andalas 2016 diisi dengan penampilan kebudayaan dari himpunan mahasiswa daerah yang juga sebagai peserta pada Andalas Culture Festival (ACF) diantaranya Himapa, Kopaja, Forsilamsu, BSTM, dan masih banyak lainnya.

Pekan Andalas terdiri dari berbagai macam kegiatan meliputi Accoustic Competition, Seminar Kebudayaan bersama Gubernur Sumbar Terpilih, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S. Psi, Seniman dan Budayawan Nasional, Musra Dahrizal Katik Mangkuto, Ahli Antropoligi dan Dosen FIB Unand, Fajri Usman, S.Hum, M.Hum,  Andalas Culture Festival, PKM Expo, Unand Award, Senimar BI Gerakan Cinta Rupiah, dan Olimpiade Sains Siswa SMA se-Sumatera Barat serta Expo Fakultas se-Unand.

Pada ACF dilaksanakan kegiatan parade pakaian daerah dan identitas organisasi, penampilan kebudayaan yang terdiri dari tari daerah, aransemen lagu daerah, dan presentasi kebudayaan lewat pameran di stand masing-masing peserta yang di Auditorium Unand. Pemenang kegiatan ACF adalah juara 1 penampilan kebudayaan diraih oleh Bengkel Seni Tradisional Minangkabau (BSTM) FIB Unand, juara 2 Himpunan Mahasiswa Papua (Himapa), juara 3 Forum Mahasiswa Siak (Formasi). Pameran stand terkreatif dimenangkan oleh Komisariat Pelajar Jabodetabek (Kopaja) dan BSTM. Stand terfavorit diraih oleh Kopaja yang mendapat like terbanyak dalam akun instagram @pekanandalas

Olimpiade Sains siswa SMA se-Sumatera Barat Pekan Andals 2016 dilaksanakan di Auditorium Unand diikuti oleh lebih dari 2000 pelajar SMA/sederajat. Mata pelajaran yang dilombakan meliputi Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Dari tiap mata pelajaran diambil 10% terbaik berdasarkan nilai untuk melaju ke babak final. Tahun ini Juara Umum Olimpiade Sains Pekan Andalas 2016 diraih oleh SMA N 1 Padang Pajang.

Unand Award kategori UKM didapatkan pemenang sebagai berikut; Best UKM Award dimenangkan oleh Mapala, UKM Berprestasi dimenangkan oleh Resimen Mahasiswa (Menwa), UKM terkreatif dimenangkan oleh Neotelemetri, UKM kesekretariatan dimenangkan oleh Pramuka. Sedangkan untuk kategori BEM, Best BEM Award diraih oleh BEM KM FMIPA, BEM Teradvokatif diraih oleh BEM KM Fakultas Pertanian, BEM Terupdate diraih oleh BEM KM FMIPA, BEM Teraktif diraih oleh BEM KM FKM, BEM Kaderisasi Terbaik diraih oleh BEM KM Farmasi, dan BEM Administrasi Terbaik diraih oleh BEM FK Fakultas Teknologi Pertanian.

Kategori dosen diperoleh hasil sebagai berikut; Prof. Dr. rer nat. Ir. Anwar Kasim (Fateta) sebagai Best Dosen Award, Dr. Tech. Marzuki (FMIPA) sebagai Dosen Terbaik, Prof. Dr. Amri Bakhtiar, MS. DESS, Apt (Farmasi) sebagai Dosen Berprestasi, dan Emil Huriani, S.KP, MN (Keperawatan) senagai dosen Terfavorit.

Di akhir acara sekaligus menutup Pekan Andalas 2016 diumumkan pemenang Unand Award kategori mahasiswa. Best Student Award diraih oleh Edwin Martinez (Fisip 2012), Best Favorite Putri Wulandari (FK 2014), Best Creative Handyka Milfiadi (FK 2012), Best Talent Aprilia Adelina B (FK 2012), dan Best Speaker Afifah Makhirliana (Farmasi 2012).

Fani Buspa (FK 2013), panitia Pekan Andalas 2016, mengutarakan kendala dalam kegiatan ini adalah kurangnya SDM panitia dikarenakan rengkaian acara Pekan Andalas yang banyak ditambah membludaknya peserta Olimpiade Sains SMA se-Seumatera Barat. Namun hal itu dapat diatasi oleh panitia dengan meningkatkan koordinasi antar panitia dan pengurus BEM KM Unand. Harapannya antusiasme semua lembaga mahasisa Unand dapat lebih meningkat dipelaksanaan Pekan Andalas tahun mendatang.

Sementara itu, Wakil Rektor III, Prof. Dr. Ir. Hermansah, M.S, M.Sc menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada BEM KM Unand yang telah mengusung acara ini. Tentu rangkaian acara Pekan Andalas ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan soft skill mahasiswa. Wakil Rektor III berharap agar mahasiswa dapat terus berperan aktif dalam kegiatan intra kampus.

Selain itu, Wakil Rektor III menyebutkan kegiatan Andalas Culture Festival dan beberapa rangkaian kegiatan lainnya telah membuktikan bahwa Unand telah menjadi kampus nasional dan diminati mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia. Unand tentu berharap kedepannya mahasiswa dapat berkarya dan berprestasi baik tingkat nasional dan internasional. (Info : BEM KM Unand)

 

Humas dan Protokol Unand

Read 3835 times