Universitas Andalas - Digital Financial Literacy 2021  KLIK untuk lihat Live Streaming
Toggle Bar

Yayasan Toyota dan Astra Serahkan Beasiswa dan Alat Peraga Pendidikan ke Universitas Andalas

11 Februari 2016

Sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan pembangunan pendidikan di Indonesia  Toyota Indonesia melalui Yayasan Toyota dan Astra menyerahkan bantu beasiswa untuk tahun akademik 2015/2016 kepada 3 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sumatera Barat yaitu Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), dan Politeknik Negeri Padang  (PNP). Penyerahan beasiswa ini dihelat dalam kuliah umum bersama Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Ir. Bob Azam pada Kamis, 11 Februari 2016 di Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Toyota3Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Ir. Bob Azam menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian Yayasan Toyota dan Astra terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia. Selama ini CSR Yayasan Toyota dan Astra tidak pernah tahu secara langsung  siapa calon penerima beasiswa dan sebaliknya calon penerima beasiswa juga tidak mengetahui siapa pemberi beasiswa. Untuk itu, manajemen Yayasan Toyota dan Astra mempunyai ide untuk melaksanakan kegiatan ini agar pemberi dan penerima beasiswa dapat bertemu secara langsung.

Ia menambahkan beasiswa tersebut diberikan kepada 3 PTN yang ada di Sumatera Barat yaitu Unand, UNP, dan PNP. Masing-masing PTN diberikan 10 orang penerima beasiswa. Pada kesempatan ini Yayasan Toyota dan Astra juga memberikan bantuan alat peraga pendidikan kepada Universitas Andalas berupa 1 unit Toyota Vios. Bantuan ini rencananya akan dimanfaatkan oleh mahasiswa teknik dalam prakter di laboratorium ataupun dilapangan. Kita tentu berharap alat peraga ini bermanfaat bagi mahasiswa sebagai media riset berkaitan dengan mesin kendaraan guna sebagai aplikasi teori yang didapat saat kuliah.

Toyota 4Bob Azam juga menyebutkan perlunya sinergisitas antara dunia industri dan dunia pendidikan seperti Universitas Andalas melalui berbagai kerjasama. Bob Azam memberikan contoh kerjasama yang dapat dilaksanakan yaitu pemagangan/praktek mahasiswa dan rekrutmen karyawan Toyota. Bagi dosen dapat melakukan penelitian dalam bidang teknik dan permesinan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kedua institusi.

Sementara itu Rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MA menyambut baik pemberian beasiswa oleh Yayasan Toyota dan Astra. Tentu beasiswa ini sangat bermanfaat sebagai penunjang proses akademik mahasiswa. Rektor berharap tentunya pemberian beasiswa ini dapat ditingkatkan untuk tahap selanjutnya dan melakukan kerjasama yang lebih banyak lagi. Selain itu bantuan alat peraga yang diberikan Yayasan Toyota dan Astra agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya berkaitan dengan dunia industri.

Toyota 2Rektor juga berpesan agar peserta yang hadir dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertanya langsung kepada narasumber agar lebih memahami dunia industri khususnya otomotif, sehingga dapat memanfaatkan peluang kerja didunia otomotif tersebut.

Senada dengan itu, Gubernur Sumatera Barat terpilih. Prof. Dr. Irwan Prayitno mengapresiasi langkah Yayasan Toyota dan Astra dalam mengupayakan pengembangan pendidikan dengan pemberian kuliah umum dan beasiswa kepada mahasiswa. Hal ini menjadi bukti perhatian dunia industri dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan tinggi.

Toyota 6Ia juga menyebutkan bahwa majunya suatu negara bergantung kepada sumber daya manusia. Untuk itu peningkatan SDM melalui kegiatan ini tentu langkah yang tepat dilakukan oleh Yayasan Toyota dan Astra dan Universitas Andalas.

Dalam kuliah umumnya berjudul “Mahasiswa Menatap Masa Depan Pembangunan Sumber Daya manusia Sebagai Landasan Pembangunan Masyarakat Industri” Bob Azam menyampaikan tentang pembangunan sumber daya manusia berbasis industri. Bob Azam memaparkan tentang spirit dalam berusaha hingga mencapai prestasi tertinggi.

toyota 7Bob Azam mencontohkan saat dirinya mulai merintis usaha dari keadaan yang biasa hingga saat ini sampai menjadi direktur di Toyota. Selain itu, Bob Azam juga membagikan ilmu terkait permesinan mobil Toyota terutama dalam hal manajemen produksinya. Ia menjelaskan tentang peranan dan tanggung jawab manajer di dalam proses produksi, bahkan operator mesin bisa menentukan kegiatan pemasangan mesin atau tidaknya. Begitu pentingnya pelayanan dan kepuasaan pelanggan bagi Toyota.

 

Humas dan Protokol Unand

Read 3459 times