Wisuda IV Universitas Andalas Tahun 2019 Program Pascasarjana  Klik tombol ini
Toggle Bar

Wujudkan Green Campus Balitbu dan BPTP Tanam 1000 Benih Buah Tropika di Unand

09 Agustus 2019

Padang (Unand) – Universitas Andalas dan Balai Penelitian Buah (Balitbu) Tropika bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) kembali mengadakan penanaman 1.000 benih buah tropika dalam rangka penghijauan Kampus Unand pada Jumat (9/8) di Gerbang Barat Fakultas Pertanian Kampus Limau Manis Padang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni SE, MBA, Kepala Batlibu Tropika, Dr. Ellina Mansyah, Dr. Dedy Azwardi dari BPTP Sumbar, Prof. Dr. Ir. H Musliar Kasim MS yang merupakan Rektor Unand Periode 2005 – 2010 dan seluruh jajaran pimpinan Unand.

Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Munzir Busnia menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk kedua kalinya dimana tahun 2018 kegiatan ini juga sudah pernah dilakukan, karena memberikan dampak yang positif bagi Unand.

Tujuan dilakukannya kegiatan ini dalam rangka penghijauan kampus Unand melalui tanaman manggis dan durian. Tanaman manggis dan durian dipilih karena dipandang lebih bernilai ekonomis dan juga ramah lingkungan.

Sementara itu, Dr. Ellyna Mansyah selaku Kepala Balitbu Tropika yang juga merupakan alumni Fakultas Pertanian Unand mengatakan benih buah tropika diserahkan untuk dikembangkan dan didistribusikan kepada masyarakat juga termasuk untuk program penghijauan kampus. Ada 1.000 benih yang didistribusikan yaitu 500 benih manggis dan 500 benih durian.

“Kalau 1.000 benih ini dikonversikan ke hektar dengan asumsi 100 pohon per hektar, akan ada 10 hektar tanaman buah yaitu 5 hektar tanaman buah mangis dan 5 hektar tanaman durian”. ungkapnya.

Ia juga menyatakan untuk tanaman durian ini akan dibuatkan kebun induk, maka 500 benih durian yang didistribusikan terbagi 2 yaitu untuk benih sumber dan benih sebar.

Benih sumber ini nanti akan dijadikan indukan lagi, sehingga Fak. pertanian bisa memproduksi benih sendiri.  Harapannya Unand bisa berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan benih tanaman buah. Karena sampai saat ini kebutuhannya semakin besar dan kalau hanya bertumpu kepada badan litbang pertanian atau balitbu tropika tidak akan mencukupi mengingat kebutuhan manyarakat untuk bertanam bahkan berbisnis bibit buah – buahan semakin meningkat.

Rektor Unand, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengharapkan kegiatan penanaman pohon ini selain dapat mewujudkan konsep green campus bagi Unand khususnya Fakultas Pertanian juga dapat menikmati buahnya sehingga tanaman ini memberikan nilai ekonomis. Rektor juga berharap agar semua hadirin dapat merawat tanaman produktif ini.

Pada kesembatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima bibit manggis dan durian dari Kepala Balitbu Tropika kepada Rektor Unand juga dilakukan dan disaksikan oleh seluruh jajaran pimpinan Unand serta mahasiswa Fakultas Pertanian. Setelah itu Dekan Fakultas Pertanian juga menyerahkan bibit buah tropika secara simbolis kepada Bapak Idrus selaku petani binaan Unand bersama Balitbu Tropika.

Acara ini diakhiri dengan penanaman bibit manggis dan bibit durian secara simbolis oleh Rektor Unand, Wakil Rektor III Unand,  Kepala Balitbu , perwakilan dari BPTP, Ketua Senat, Dekan Fak. Pertanian dan juga Bapak Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim MS, Ketua Senat Akademik Prof. Dr. Werry Darta Taifur SE, MA, dan pimpinan Unand lainnya.

 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 165 times