Wisuda IV Universitas Andalas Tahun 2019 Program Pascasarjana  Klik tombol ini
Toggle Bar

Ikuti MTQ MN XVI di Unsyiah, Khafilah Unand Betabur Kemenangan

08 Agustus 2019

Padang (Unand) –  Ikuti Musabaqah Tilawati Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQ MN) XVI  tahun 2019 di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh  Khafilah Universitas Andalas bertabur kemenangan. Ivent sekali dua tahun yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) ini mendapuk Universitas Syiah Kuala sebagai tuan rumah. MTQ ini dilaksanakan pada 28 Juli- 4 Agustus 2019 yang lalu.

Alhamdulillah wa syukurillah tentulah sangat pantas kita ucapkan atas capaian khafilah Universitas Andalas pada MTQ MN XVI tahun 2019 ini. Capaian ini tentu adalah kerja keras berbagai pihak khususnya mentor dan peserta”ucap Wakil Rektor III Unand Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.S saat ditemui tim Humas diruang kerjanya di Gedung PKM lt.2

Lebih lanjut ia menjelaskan persiapan tentulah sudah dimulai sejak jauh hari mulai dari penjaringan peserta hingga seleksi. Selain itu, kita juga telah memilihkan mentor-mentor yang telah berpengalaman dibidangnya. Pada MTQ kali ini, alhamdulillah khafillah Unand bertabur kemenangan dengan membawa piala dari berbagai cabang perlombaan yakni :

1.  Juara Harapan 3 Hifzil Quran 5 Juz Putra, Dana Firmana Simon, (Teknik Industri/ Fakultas Teknik 2017)

2. Juara Harapan 1 Hifzul Quran 5 Juz Putri,  Siti Rani Yelfera (Matematika/ FMIPA 2016)

3. Juara 1 Hifzil Quran 10 Juz Putri,  Nur Al Rahmah (Kedokteran Gigi/ FKG 2018)

4. Juara Harapan 1 Qiraat Sab'ah Putra, Syukri Hamdi (Matematika/ FMIPA 2016)

5. Juara 1 Qiraat Sab'ah Putri, Saufa Atika Ulya (Ilmu Hukum/ Fakultas Hukum 2017)

6. Juara Harapan 1: Tim Fahmil Qur'an, Benny Kurniawan (Manajemen/Fakultas Ekonomi 2015), Luthfi Hadiyan Putra (Matematika/FMIPA 2018), Alfir Rizky (Kimia/FMIPA 2018)

7. Juara 3 Tartil Putri: Fuji Araswati (Farmasi/Farmasi 2016)

8. Juara Harapan 3: Debat Bahasa Inggris : Alifurrahman & Andri Yasper (Teknik Mesin/FT 2015)

Hal membanggakan lainnya adalah kafilah Unand menempati posisi peringkat 5 besar (juara umum) dengan point sebesar 36. Kita tentu tidak berpuas diri dan terus melakukan peningkatan untuk MTQ selanjutnya.

Sementara itu Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengucapkan selamat dan rasa bangga kepada kafilah Universitas Andalas yang telah membawa nama Unand ditingkat nasional.

“Kita tentu bangga dan bahagia serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada anak-anak kami mahasiswa yang terah berjuang dan berlomba mengharumkan nama kampus tercinta. Selan itu dukungan dari mentor yang siang malam melatih para peserta sampai pada capaian sekarang tentulah pekerjaan yang tidak mudah dan melelahkan. Semoga kelah menjadi ladang amal ibadah di akhirat kelat. Aamiin”ucapnya.

Ia menambahkan Universitas Andalas melalui bidang kemahasiswa terus berupaya untuk mengikuti seluruh perlombaan yang diadakan baik oleh Kemenristekdikti maupun organisasi lainnya. Capaian prestasi mahasiswa ini merupakan salah satu indikator penilaian dari Kemenristekdikti terhadap kualitas perguruan tinggi dan akreditasi institusi. Untuk itu, tentu perlu kiranya menjadi perhatian kita bersama.

Support ini telah dilakukan dengan pengalokasian dana kegiatan bagi mahasiswa baik di tingkat fakultas maupun ditingkat universitas melalui bidang kemahasiswaan. Dukungan dana ini diharapkan memberikan semangat bagi mahasiswa untuk mengikuti lomba baik berskala nasional dan internasional.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 221 times