Wisuda IV Universitas Andalas Tahun 2019 Program Pascasarjana  Klik tombol ini
Toggle Bar

Bahas Pertumbuhan Ekonomi Kota Padang Dalam Kondisi Rawan Bencana, Unand Adakan Seminar Sehari

13 Agustus 2019

Padang (Unand) – Seminar Sehari yang diadakan di Universitas Andalas pada Selasa (13/8) di Ruang Seminar Gedung F bersama Pemerintahan Kota Padang membahas Kota Padang 20 Tahun Kedepan : meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dalam keadaan rawan bencana.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas Dr Ing Uyung Gatot S. Dinata, MT mengatakan terjadinya bencana sedikit banyaknya akan mempengaruhi kegiatan bisnis dan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah termasuk kota Padang.

Menilik kebelakang, dikatakannya bencana alam yang masih tergiang sampai sekarang di pikiran banyak orang akan kejadian bencana di Kota Padang yaitu Gempa 30 September 2009 lalu yang banyak memakan korban dan juga kerusakan infrastruktur.

“Sehingga akibat bencana tersebut banyak pengusaha yang kabur seperti ke Pekanbaru, Batam Malaysia dan itu tentu akan menganggu pertumbuhan ekonomi saat itu,” ujarnya.

Disampaikannya sebagai perguruan tinggi Universitas Andalas akan terus memberikan kontribusi dalam perkembangan kota Padang agar ekonomi terus meningkat dan siap menghadapi  berbagai resiko bencana baik itu gempa maupun tsunami.

Lebih lanjut ia mengatakan seminar sehari ini menghadirkan narasumber yakni Mahyeldi Ansharullah, SP (Walikota Padang), Prof. Dr. Syafruddin Karimi, MA (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Andalas) dan Dr. Eng Febrin Anas Ismail, MT (Pusat Studi Bencana Universitas Andalas).

Dalam seminar ini turut hadir segenap SKPD kota Padang, Pimpinan Universitas Andalas, mahasiswa Pascasarjana untuk mendiskusikan dan memberikan rekomedasikan bagi Kota Padang kedepannya baik dari perspekstif ekonomi, keperawatan, rumah sakit, teknik, pertanian, teknologi dan sebagainya.

Sementara Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan seminar ini merupakan bentuk sinergi Universitas Andalas dengan Kota Padang dimana Unand punya Sumber Daya Manusia dibanyak bidang.

Seminar ini akan memberikan perspektif baik dibidang ekonomi maupun juga terkait dengan kebencanaan, dengan kehadiran pakar Ilmu Ekonomi Prof. Syafruddin Karimi yang akan memberikan konsep-konsep bagaimana melakukan pertumbuhan ekonomi di daerah rawan bencana sedangkan Dr. Eng Febrin Anas Ismail, MT akan memberikan rekomendasi upaya mitigasi bencana untuk mendukung berkembangnya bisnis dan pertumbuhan ekonomi Kota Padang.

“Seperti sama-sama kita ketahui Kota Padang termasuk kota yang rawan akan bencana terutama gempa walaupun angin rebut atau gejala longsor tidak signifikan dibandingkan prediksi megatrust yang menakutkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menekankan meskipun itu hanya prediksi dimana kepastian terjadi atau tidaknya hanya Allah SWT yang tau.

Kalau dilihat analogi lain, daerah rawan bencana seperti Jepang yang hampir tiap hari terjadi gempanya bahkan disertai dengan tsunami tetapi pertumbuhan ekonominya tetap maju dengan pesat.

Dari sini kita bisa mengambil pelajarannya bagaimana Jepang berhasil melewati bencana-bencana ada,” ujarnya.

Ditambahkannya salah satu factor yang berpengaruh adalah keberadaan Sumber Daya Manusianya (SDM).

Terakhir ia menyampaikan ini adalah rumah kita bagaimana kita bisa meramaikan orang datang ke Padang dan berinvestasi sehingga kegiatan bisnis dan ekonomi tetap bertumbuh.(*)

Humas dan Protokol Unand

 

Read 286 times