Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Jalur Mandiri 2020  Klik tombol INFO JALUR MANDIRI
Toggle Bar

Wisuda II Unand Secara Daring, Libatkan Keluarga Wisudawan

25 Jun 2020
Rektor Bersama Wakil Rektor I Rektor Bersama Wakil Rektor I Universitas Andalas

Padang (Unand) - Dengan adanya wabah covid 19 tidak membuat pelaksanaan wisuda terhenti karena beberapa perguruan tinggi memilih pelaksanaannya dilakukan secara dalam jaringan (daring) termasuk Universitas Andalas. 

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH menyampaikan mengapa wisuda kali ini dilakukan secara daring, beberapa alasannya adalah ini merupakan konsekuensi dari keadaan yang mesti diterima oleh kondisi covid 19 ini, karena tidak boleh mengumpulkan orang dalam jumlah banyak. 

“Meskipun dilaksanakan secara daring tetapi pelaksanaan wisuda ini tidak akan mengurangi makna dari wisuda itu sendiri,” ujarnya pada Kamis (25/6) di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat lt 4 Kampus Unand Limau Manis Padang.  

Salah satu esensi yang memang tidak bisa dihindari yakni kegairahan dari wisudawan termasuk juga keluarga, insyaallah diwaktu wisuda nanti ia akan menyampaikan kepada wisudawan akan ada hikmah lain yang diperoleh ketika wisuda ini dilaksanakan secara daring. 

Rektor menyampaikan ada alasan lain kenapa wisuda dilakukan secara daring salah satunya dikejar oleh target lulusan yang mereka mesti diberikan ijazah sesuai dengan waktu diwisuda. "Kalau ditunda lagi wisuda, kita tidak bisa memastikan keadaan ini, maka diambil langkah terbaik yakni dengan melaksanakan wisuda daring yang kemudian tidak memperpanjang masa tunggu dari wisudawan untuk memperoleh ijazah," jelasnya. 

Dalam pelaksanaan wisuda nanti juga melibatkan orang tua (keluarga) dari wisudawan yang berperan untuk memindahkan jambul wisuda. 

“Ini mungkin semacam nilai emosional lain dalam proses wisuda online,” ujarnya. 

Terkait apakah nanti ijazahnya online juga, saat ini ia sudah berkoordinasi dengan tim IT untuk menggunakan sign elektronik, tetapi kalaupun nanti mengunakan tanda tangan basah pihak universitas sudah mengatur sedemikian rupa jadual pengambilan ijazah ditingkat fakultas. 

Pelaksanan wisuda daring semua Perguruan Tinggi menjadi hal baru dan pertama kali diadakan, bahkan sekarang beberapa Perguruan Tinggi masih menunggu kondisi ini hingga membaik. 

Perguruan Tinggi punya kewajiban untuk menyerahkan ijazah sesuai dengan tengang waktu ketika diwisuda sebab secara adminitratif pihak universitas punya kaitan dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Dikti (PDPT Dikti). 

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dr. Mansyurdin, MS mengatakan hingga hari ini sudah terdaftar sebanyak 1.100 wisudawan yang akan dilaksanakan pada 30 Juni mendatang. 

Semua yang akan diwusuda nanti dari semua jenjang pendidikan mulai dari Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. 

Prof. Mansyurdin mengatakan pihak universitas tidak akan membebankan biaya wisuda lagi bagi para wisudawan.(*) 

Humas dan Protokol Unand 

 

 

Read 553 times