Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Jalur Mandiri 2020  Klik tombol INFO JALUR MANDIRI
Toggle Bar

UTBK di Unand Tuntas Ditahap Pertama

26 Jun 2020
UTBK SBMPTN 2020 UTBK SBMPTN 2020 Universitas Andalas

Padang (Unand) - Beberapa hari lagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dimulai pada tanggal 5 Juli 2020 nanti. 

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dr. Mansyurdin, MS mengatakan pelaksanaan UTBK pada kondisi normal baru (new normal) harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua komponen terlibat, dengan menerapkan standar protokol kesehatan. 

Ia menambahkan, pelaksanaan UTBK juga harus memperhatikan status perkembangan pandemi Covid-19 di seluruh Pusat UTBK PTN dan mendapatkan izin dari Satgas Covid di masing-masing daerah. 

Untuk wilayah Padang sendiri terutama Universitas Andalas sudah mendapatkan rekomendasi dari Satuan Tugas Penanggulangan Covid yang diketuai langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno. 

Selanjutnya, mengenai pelaksanaan tes UTBK perhari yang awalnya 4 (empat) sesi dirubah menjadi 2 (dua) sesi dengan rincian jadwal perubahan waktu, sesi I (09.00 - 11.15) waktu setempat, sesi II (14.00 - 16.15). 

“Ada jeda waktu selama 2 jam 45 menit yang dapat digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan saat pergantian sesi,” ujarnya. 

Untuk tes UTBK sendiri dilaksanakan dalam dua tahap, Prof. Mansyurdin menyebutkan untuk tahap I yakni tanggal 5-14 Juli, dan tahap II pada tanggal 20-29 Juli 2020. 

Kemudian tahap force majeure yakni 29 Juli - 2 Agustus 2020. “Universitas Andalas sendiri hanya mendapatkan 17 shift yang bearti hanya 8,5 hari, tidak sampai ketahap II," ujarnya. Sedangkan untuk di Sumatera pada umumnya 5-9 Juli sudah tuntas semuanya. 

Dijelaskannya karena sesi ujian ini perhari hanya dua kali, jadi kalau dalam tahap I yang sembilan hari tidak selesai dilanjutkan di tahap II. Sedangkan untuk force majeure  kalau tidak juga apakah dilarang dan segala macam maka dicarikan SMA atau SMK di daerah tersebut. 

“Untuk pengumuman SBMPTN sendiri akan diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2020,” tambahnya. 

Terkait peserta UTBK harus membawa surat bebas Covid, dikatakanya dalam rekomendasi dari Gubernur tidak ada menyatakan orang luar kota Padang harus mengikuti tes covid terlebih dahulu untuk masuk kota Padang begitupun juga yang dari luar Sumatera Barat. 

“Jadi untuk pelaksanaan UTBK ini, kita tidak ada mengharuskan peserta untuk membawa surat bebas Covid,” ujarnya.  

Lebih lanjut, ia mengatakan mungkin untuk wilayah lain ada yang mengharuskan seperti itu, dan itu tergantung pusat UTBKnya masing-masing. 

Baginya, dalam pelaksanaan UTBK nanti tidak akan mempersulit peserta sebab itu, akan membuat stress dan juga membebani peserta ujian. “Yang terpenting peserta dan penyelenggara tetap mengutamakan protokol kesehatan covid,” ujarnya. 

Peserta yang akan mengikuti ujian diimbau untuk sarapan terlebih dahulu dan menyiapkan kelengkapan yang harus dibawa sebagai alat pencegahan dimasa pendemi covid 19 seperti hand sanitizer, masker, sarung tangan bila diperlukan. 

Ia juga mengimbau bagi peserta untuk langsung ke lokasi ujian tanpa singgah terlebih dahulu ke tempat lain.(*) 

Humas dan Protokol Unand  

 

 

Read 6097 times