Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Jalur Mandiri 2020  Klik tombol INFO JALUR MANDIRI
Toggle Bar

Bagian Teknologi Produksi Ternak Faterna Unand Mengadakan Webinar Series Pengembangan Ternak Lokal Sumatera Barat

22 Juli 2020

Padang (Unand) - Dalam rangka menyambut Dies Natalis Fakultas Peternakan Universitas Andalas ke- 57, Bagian Teknologi Produksi Ternak bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas akan mengadakan Webinar Series dengan tema “Potensi Pengembangan Ternak Lokal Sumatera Barat”. Tema ini diangkat dengan latar belakang bahwa ternak lokal sebagai sumber daya genetik ternak (SDGT) asli dan lokal merupakan plasma nutfah nasional yang menyediakan keragaman genetik yang melimpah, meliputi spesies, rumpun dan populasi ternak. Sumber daya genetik ternak tersebut hidup pada berbagai agroekosistem yang luas di Indonesia, sehingga menjadi gene pool sangat berharga untuk perbaikan genetik ternak indonesia. Interaksi alami antara ternak asli dan lokal memiliki banyak keunggulan, seperti adaptif di lingkungan sulit, konverter yang baik bagi hijauan dengan serat tinggi, toleran terhadap penyakit dan parasit lokal, serta toleran terhadap cekaman iklim tropis basah.

Sumber daya genetik ternak asli maupun lokal di Sumatera Barat telah teridentifikasi dengan baik diantaranya unggas lokal (ayam kokok balenggek, itik pitalah, itik bayang, itik kamang, dan itik payakumbuh), Ruminansia besar (sapi pesisir dan kerbau perah), dan satwa harapan (lebah galo galo). Potensi dan proses pengembangan sumber daya genetik lokal Sumatera Barat masih sangat perlu ditingkatkan melalui invensi dan inovasi yang harus di laksanakan oleh perguruan tinggi khusus bidang peternakan seperti Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Webinar series ini diadakan dengan tujuan promosi sekaligus mendapatkan masukan- masukan dalam bentuk hasil penelitian-penelitian terbaru yang dapat diadopsi untuk menciptakan invensi dan inovasi dalam rangka pengembangan sumber daya genetik lokal Sumatera Barat.

Lima seri webinar akan diadakan setiap minggu mulai tgl 23 Juli sampai dengan 19 agustus 2020. Pembicara yang hadir terdiri dari akademisi fakultas Peternakan Unand, akademisi dari luar unand yaitu IPB, UNPAD dan IKM Malaysia, Kementerian Pertanian dan PEMDA Sumatera Barat. Setiap seri mengangkat sub tema yang berbeda, seri 1 mengangkat tema “Potensi Pengembangan Itik Lokal Dalam Rangka Pembentukan Rumpun Itik Lokal Unggul Sumatera Barat”, Seri 2 dengan sub tema “Potensi Pengembangan Ayam Kokok

Balenggek (Ayam Penyanyi} Sumatera Barat”, seri 3 dengan sub tema “Peningkatan Populasi, Produksi, dan Sistem Pembibitan Sapi Pesisir”, seri 4 dengan sub tema “Potensi Pengembangan Lebah Tanpa Sengat (galo-galo) Sebagai Satwa harapan Indonesia” dan seri 5 terakhir dengan sub tema “Peningkatan Kapasitas Produksi Kerbau Lokal Sumatera Barat”.

Dalam waktu tinggal beberapa hari lagi webinar seri 1 akan dilaksanakan yaitu tanggal 23 Juli 2020, promosi dengan penyebaran poster acara webinar seri 1 telah dilakukan ke berbagai wilayah dengan berbagai macam platform media online. Sampai tanggal 20 Juli 2020 telah tercatat calon peserta berasal dari Aceh sampai Papua dengan jumlah 1387 calon peserta, profesi calon peserta mulai dari Dosen, ASN, Tenaga Penyuluh, Peternak, Umum, dan Mahasiswa. Dosen dari berbagai kampus peternakan diseluruh Indonesia mulai dari Universitas Syiah Kuala (Aceh) sampai dengan Universitas Musamus Merauke (Papua), dan dari berbagai Balai Penelitian serta Dinas Peternakan se- Indonesia.

Semoga Webinar series ini berjalan dengan lancar dan sukses Demi Kedjajaan Bangsa.

 

Read 366 times