Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Gelombang II, akan di umukan sabtu 24 Juli 2021, mulai jam 15.00 WIB  KLIK Untuk Lihat Hasil
Toggle Bar

Unand – Puslitbang Kumdil Mahkamah Agung Teken Kerja Sama

15 Desember 2020
Kerjasama Unand - Puslitbang Kumdil MA Kerjasama Unand - Puslitbang Kumdil MA Universitas Andalas

Padang (Unand) – Universitas Andalas dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan (Puslitbang Kumdil) Mahkamah Agung melakukan penandatangan kerja sama (MoU) yang berlangsung pada Selasa (15/12) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Penandantangan ini dilakukan langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri didampingi Wakil Rektor IV Dr. Hafrizal Handra dan Dekan Fakultas Hukum Prof. Busyra Azheri dengan Hakim Tinggi Dr. Marsudin Nainggolan mewakili Kapuslitbang.

Dr. Marsudin mengungkapkan salah satu poin kerja sama antara Puslitbang dengan Universitas Andalas adalah saling tukar menukar dan integrasi data untuk menyongsong atau menyesuaikan perkembangan  revolusi 4.0.

Disamping itu, juga untuk melaksanakan anotasi putusan dari pihak eksternal, khususnya dari perspektif akademisi serta juga melaksanakan desiminasi hasil penelitian.

“Kemudian, kerja sama ini juga bisa melaksanakan bedah hasil penelitian Puslitbang bersama akademisi supaya hasil penelitian benar-benar dapat dimanfaatkan sebagai hasil untuk mengevaluasi kebijakan pimpinan,” ujar Dr. Marsudin.

Lebih lanjut, ia menyampaikan Mahkamah Agung juga sebagai sumber data pengetahuan karena Mahkamah Agung memiliki direktori putusan dan saat ini lebih mudah diakses bagi mahasiswa S1 hingga S3.

“Jadi sungguh sangat memudahkan pihak kampus, khususnya mahasiswa dalam melakukan penelitian, itu sebabnya Mahkamah Agung sebagai sumber data,” terangnya.

Dalam hal ini, Dr. Marsudin juga telah melakukan kerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mengenai joint riset dan juga saling memberikan berbagai data.

Selain itu, Mahkamah Agung juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta dan luar negeri.

Ditambahkannya Mahkamah Agung juga memiliki jurnal terindeks scopus internasional. “Mungkin ada diantara dosen Universitas Andalas juga bisa mengirimkan tulisannya,” ujarnya.

Setelah penandatanganan kerja sama ini diharapkan kedepannya kedua institusi bisa saling bertukar informasi dan data khususnya kerjasama dibidang penelitian.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri menyampaikan dari materi kerja sama yang dilakukan pada dasarnya akan berdampak bagi kedua institusi.

Dengan adanya MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini tidak hanya menfasilitasi kepentingan dosen saja, ia meminta dosen untuk melibatkan mahasiswa dan mahasiswa juga memiliki peran untuk melakukan magang disemua Lembaga Peradilan mulai Mahkamah Agung dan Pengadilan Tinggi kemudian juga Pengadilan Negeri.

“Mudah-mudahan tentu kerja sama atau MoU ini tidak hanya intergrasi data saja tetapi juga melakukan berbagai evaluasi dan pengembangan dibidang lainnya,” harap Rektor.

Hadir dari Puslitbang Dr. Ernida Basyri, Dr. Nurul Huda, Dr. Ismail Rumadan, Muh. Ridha Hakim, Sudharyanto, Tri Mulyani dan Yulia. Sementara dari Universitas Andalas adalah  Ketua Senat Fakultas Hukum Prof. Firman Hasan, dan Wakil Dekan I Fakultas Hukum Dr. Ferdi(*)

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 428 times