Live Streaming - FGD Launching MBKM Unand Untuk Desa/Nagari Tageh  Klik tombol LIVE STREAMING
Toggle Bar

LTMPT Luncurkan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN-SBMPTN 2021

05 Januari 2021
Peluncuran SNMPTN-UTBK SBMPTN 2021 Peluncuran SNMPTN-UTBK SBMPTN 2021 Universitas Andalas

Padang (Unand) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah resmi meluncurkan seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) Tahun 2021.

Peluncuran dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi RI Prof.  Nizam secara daring, pada Senin (4/1) yang juga dihadiri oleh Sesjen Kemdikbud Prof. Ainun Na’im, Dr. Eduart Wolok mewakili Ketua MRPTNI, Prof. Budi Ketua Pelaksana LTMPT, Prof. Samsul Wakil Ketua LTMPT, dan Prof. Yonny Koesmaryono 

Prof. Nizam mengungkapkan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk beradaptasi pada situasi pandemi ini semenjak awal pelaksanaan seleksi.

“Dalam persiapan untuk penerimaan mahasiswa baru di tahun 2021 tentu praktik-praktik yang sudah kita lakukan di tahun lalu perlu kita pertahankan dan bahkan kita tingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua LTMPT Prof. Nasih menyampaikan pendaftar perlu memperhatikan setiap informasi terkait sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri 2021, dengan menagakses laman resmi http://ltmpt.ac.id  

Dijelaskannya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya subsidi penuh pemerintah.

Pelaksanaan tahun 2021 diawali dengan Registrasi Akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id pada 04 Januari - 01 Februari 2021. Penetapan siswa yang eligible oleh Sekolah 04 Januari 2021 - 08 Februari 2021. Pengisian PDSS 11 Januari - 08 Februari 2021.

Sedangkan untuk pendaftaran SNMPTN 15 - 24 Februari 2021. Pengumuman Hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 dan Pendaftaran Ulang peserta yang lulus SNMPTN lihat di laman PTN penerima

Kemudian, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi calon mahasiswa baru PTN berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja, atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. 

Pelaksanaan tes menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta dan disubsidi oleh pemerintah. Tahapan mengikuti SBMPTN tahun 2021 diawali dengan Registrasi Akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN 07 Februari 2021 - 12 Maret 2021. 

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 15 Maret - 01 April 2021. Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua gelombang, Gelombang I pada 12 - 18 April 2021, dan Gelombang II pada 26 April - 02 Mei 2021. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN dijadwalkan pada 14 Juni 2021.

Lalu, peserta pelamar beasiswa KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) KULIAH khususnya bagi Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. 

Informasi detail dapat dilihat pada website Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 389 times