Rektor Unand Resmikan Koperasi Jasa Dharmawanita Universitas Andalas

23 April 2021

Padang (Unand) - Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH meresmikan Koperasi Jasa Dharmawanita Universitas Andalas pada Jum'at (23/4) di Sayap Kanan Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis.

Peresmian koperasi ini dihadiri oleh Wakil Rektor II, Prof. Dr. dr. Wirsma Arif Harahap SpB (K), Wakil Rektor IV, Dr. Hefrizal Handra, M.Soc, Kabiro Akademik dan Kemahasiswaan, Syafwardi, SE, M.Pd, Kabiro Umum dan Sumber Daya, Drs. Imrizal, MM,  Koordinator Umum, Azral, SPt, M.Pd, Ketua Umum Dharmawanita Unand, Enifita Yuliandri, Ketua Koperasi Jasa Dharmawanita Unand, Dewi Asriyanti, Ketua Dharmawanita Unit dan Sub Unit dilingkungan Unand beserta seluruh anggota Dharmawanita.

Ketua Umum Dharmawanita Unand, Enifita Yuliandri mengatakan pendirian Koperasi Jasa Dharmawanita Universitas Andalas ini dirintis selama 6 bulan sampai keluarnya akte pendirian Notaris Butet No. 3 tanggal 19 Maret 2021 serta pengesahan pendirian Badan Hukum Koperasi Jasa Dharmawanita Unand melalui keputusan Menkumham No. AHU-0009410.AH.01-26 Tahun 2021 tanggal 30 Maret 2021.

Pendirian Koperasi Jasa Dharmawanita Unand didirikan oleh 25 orang anggota dharmawanita Unand melalui simpanan pokok, simpanan wajib, hibah dan investasi dari pihak ketiga.  Koperasi ini didirikan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup anggota dan mengeratkan tali persaudaraan serta loyalitas diantara anggota dharmawanita Unand yang juga sekaligus anggota koperasi, serta ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan koperasi ini memiliki sebuah toko untuk menjalankan aktivitasnya sehari-hari yang sekaligus sebagai sekretariat koperasi dharmawanita Unand. Memiliki beberapa karyawan operasional yang bekerja untuk kesuksesan koperasi Unand.

Usaha koperasi selain dibidang pengadaan jasa boga, juga menyediakan berbagai kebutuhan harian untuk memudahkan peara pegawai, dosen serta seluruh civitas akademika Unand. Ia berharap kepada seluruh dosen dan karyawan Unand dapat berbelanja di koperasi Unand, sehingga koperasi jasa dharmawanita menjadi lebih maju.

Sementara itu, Rektor Unand, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH atas nama pimpinan Unand memberikan apresiasi dan dukungan kepada Dharmawanita Unand yg telah berinisiatasif untuk mendirikan koperasi jasa dharmawanita Unand.

Lebih lanjut ia mengatakan kebanyakan koperasi saat ini masih bergerak dalam simpan pinjam dan koperasi Unand bergerak dalam bidang jasa. Karena ini koperasi jasa, banyak upaya yg bisa dikembangkan terutama jasa untuk dikembangkan dalam berbagai aktivitas. 

Memang dalam pedoman yg kita ketahui bersama bahwa koperasi bertujuan untuk pengembangan ekonomi, namun juga perlu untuk pengembangan kualitas. Untuk tahap awal koperasi Unand perlu mengsosialisasikan keberadaanya di lingkungan Unand dengan memanfaatkan media dan teknologi yg canggih saat ini. Selain itu, teknologi yang ada saat ini terus dikembangkan sehingga kedepannya pemesanan makanan, kebutuhan pokok dan lainnya dapat dilakukan melalu aplikasi seperti gofood dan lainnya. 

Peresmian Koperasi Jasa Dharmawanita Universitas Andalas dilakukan oleh Rektor didampingi oleh Ketua Umum Dharmawanita dan disaksikan oleh pimpinan Unand, anggota dharmawanita serta undangan lainnya.

Humas dan Protokol Unand

 

 

 

 

 

 

 

 

Read 229 times