Print this page

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Kerinci Gandeng Unand

23 April 2021
Penandatanganan MoU Unand - Pemkab Kerinci Penandatanganan MoU Unand - Pemkab Kerinci Universitas Andalas

Padang (Unand) – Pemerintahan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), upaya tersebut terlihat dengan telah terjalinnya kerjasama dengan Universitas Andalas.

Kerjasama ini ditandai dengan penandantangan nota kesepahaman yang ditandatangani langsung oleh Bupati Kabupaten Kerinci Dr. Adirozal bersama Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH pada Jumat (23/4) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Bupati Adirozal menilai kedepan yang akan memimpin negeri ini akan didominasi oleh generasi milineal dan generasi Z, maka dari itu, ia berupaya untuk mempersiapkan generasi yang nantinya siap menjadi penerus kepemimpinan di negeri ini.

Baginya Sumatera Barat punya sejarah yang kuat dalam melahirkan tokoh-tokoh besar pada masa lampau seperti Bung Hatta, Sutan Syahril, Agus Salim, Natsir, M. Yamin, Hamka dan banyak yang lain.

“Begitupun juga Universitas Andalas dimana alumni-alumninya sudah banyak berkiprah ditingkat nasional,” ujarnya. 

Harapan dari kerjasama ini disampaikannya salah satunya kedepan akan lebih banyak lagi masyarakat Kerinci diterima di Universitas Andalas dalam jenjang pendidikan Strata 1 (Sarjana) maupun Pascasarjana.

Ia juga membuat kebijakan memberikan beasiswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga S3 yang dinamai dengan Beasiswa Kerinci Cerdas. “Bagi siswa SD hingga SMA yang ingin mendapatkan beasiswa ini persyaratannya minimal hafidz 1 juz disamping potensi akademik,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Adirozal menyampaikan Kerinci dengan berbagai potensinya disamping pertanian, perkebunan dan juga pariwisata juga membutuhkan sentuhan dari intelektual Universitas Andalas nantinya.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri menyatakan perguruan tinggi punya peran penting dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing secara global.

“Untuk meningkatkan kapasitas tersebut, perguruan tinggi punya tanggung jawab dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas,” ujar Rektor.

Universitas Andalas komit untuk bersama-sama mengembangkan potensi yang ada dan mensinergikan berbagai program dengan Pemkab Kerinci.

Setelah penandatanganan MoU antara Bupati dengan Rektor dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) implementasi Mardeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan KKN Tematik yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kerinci ditandatangani Wakil Rektor I Prof. Mansyurdin dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kerinci Asraf, S.Pt, M.Si.(*)

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 553 times